Benarkah.?... Konsumsi Wortel Bagus Untuk Kesehatan Mata ?.... Ini penjelasanya Dr.Mata

Kandungan dan Manfaat Wortel, Gak Cuma Vitamin A

    Selama ini wortel dikenal sebagai obat mata yang paling ampuh karena mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Namun jangan salah, wortel tak hanya mengandung vitamin A saja tapi juga menyimpan kandungan nutrisi lain yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.


    Rasanya yang manis mampu memberikan rasa manis alami pada makanan olahan wortel. Jika sudah tahu wortel bisa dibuat apa saja tapi masih enggan mengonsumsinya, sebaiknya ketahui dulu kandungan dan manfaat wortel berikut ini.


Vitamin A, Ini Kandungan Nutrisi pada Wortel

    Wortel mengandung berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan, dan senyawa tumbuhan yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa senyawa yang terkandung di dalam wortel di antaranya Beta-karoten, Alpha-karoten, Likopen, Lutein, Polyacetylene, dan Anthocyanin yang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan, termasuk untuk melawan kanker.



Manfaat Wortel untuk Kesehatan

    Wortel memang banyak jenisnya, tapi wortel yang biasa ditanam di Indonesia adalah yang berbentuk kerucut dan silindris dengan ukuran yang lebih panjang. Meski jenis wortel cukup beragam, kandungan nutrisi dalam wortel tetaplah sama. Jadi, mau mengonsumsi jenis wortel yang mana pun, sudah pasti kamu akan mendapatkan manfaat kesehatannya.


Konsumsi Wortel MEmiliki Manfaat yang harus kamu ketahui, seperti :


1. Meningkatkan daya ingat

    Wortel sangat baik untuk fungsi otak. Dengan mengonsumsi wortel setiap hari, daya ingatmu akan meningkat dan lebih tajam. Selain itu, kandungan beta-karoten yang ada di dalam wortel juga mampu mengurangi risiko stres oksidatif yang menjadi penyebab penyakit demensia.



2. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

    Kandungan kalium pada wortel tidak hanya bermanfaat sebagai sumber tenaga dan kekuatan otot saja, tapi juga baik untuk menurunkan kolesterol dalam darah. 

    Bagi orang yang punya masalah kolesterol atau sedang menjalankan diet rendah kolesterol dianjurkan mengonsumsi wortel karena wortel juga mengandung potasium yang dapat mencegah naiknya kadar kolesterol. Seperti yang kita tahu, kolesterol tinggi dalam darah bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.



3. Meningkatkan kekebalan tubuh


    Siapa sangka kalau kandungan vitamin C yang ada pada wortel bisa menyamai kandungan vitamin C yang ada pada jeruk. Bahkan, wortel juga memiliki antioksidan yang juga dimiliki oleh buah jeruk. Mengonsumsi segelas jus wortel setiap hari akan menjaga tubuh dari serangan penyakit flu mengingat vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya peradangan serta kerusakan sel.



4. Menurunkan risiko kanker


    Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti semua orang. Penyakit satu ini memang berbahaya karena dapat mematikan, bahkan angka kematiannya cukup tinggi bila dibandingkan dengan diabetes, jantung, dan struk. Kanker memang lebih banyak dialami oleh mereka yang punya turunan penyakit ini, tapi bagi yang tak punya turunannya pun berisiko mengalaminya.

    Selama gaya hidup yang dijalani saat ini tidak sesuai dengan pola hidup sehat, kamu berisiko terkena kanker. Nah, bila tak ingin mengalaminya, mulailah untuk konsumsi wortel setiap hari. Kandungan karetenoid yang tinggi pada wortel berperan penting dalam mengurangi risiko penyakit kanker, khususnya kanker payudara.

    Kandungan antioksidan yang banyak pada wortel juga bermanfaat untuk mencegah radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit kanker. Oleh karena itu, jangan pernah lewatkan wortel dalam menu harianmu.



5. Meningkatkan kesehatan kulit


    Punya masalah kulit seperti psoriasis atau ruam? Coba atasi dengan konsumsi wortel. Sayuran berwarna cerah ini memiliki kemampuan merawat kulit akibat paparan sinar matahari serta mempercepat proses penyembuhannya. Dengan meminum jus wortel setiap hari, kulitmu akan menjadi lebih sehat.

    Selain itu, wortel juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan wortel adalah makanan yang mengandung antioksidan dan vitamin C tinggi sehingga kulit akan tampak awet muda.