Kandungan Nutrisi Pada Jeruk , Manfaat nya dalam 1 Jeruk

Mengonsumsi jeruk seberat 100 gram akan memberikan kita nutrisi berikut ini:


  • Kalori: 47
  • Air: 87%
  • Protein: 0,9 gram
  • Karbohidrat: 11,8 gram
  • Gula: 9,4 gram
  • Serat: 2,4 gram
  • Lemak: 0,1 gram


Kandungan karbohidrat dalam jeruk

    Seperti yang tercantum di atas, kandungan jeruk yang utama adalah karbohidrat dan air dengan sedikit protein, lemak, dan kalori. Karbohidrat yang terkandung dalam buah jeruk utamanya yakni gula sederhana, termasuk glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

    walau mengandung gula, buah jeruk memiliki indeks glikemik yang rendah, yakni dengan rentang 31-51. Indeks glikemik merujuk pada seberapa cepat makanan yang dikonsumsi dapat meningkatkan gula darah. Semakin rendah indeks glikemik makanan, cenderung semakin baik pula efeknya untuk kesehatan.


Kandungan serat dalam buah jeruk

    Apabila ingin mencukupkan kebutuhan serat pangan harian dengan mudah, maka jeruk adalah pilihan sempurna. Bahkan, satu buah jeruk berukuran besar akan memberikan kita 18% dari angka kecukupan gizi harian serat. 

    Serat dalam buah jeruk pun beragam, termasuk pektin, selulosa, hemiselulosa, dan lignin.Kebutuhan serat perlu dicukupkan karena manfaatnya yang menguntungkan tubuh. Sebab, serat tak seperti jenis karbohidrat lain karena tak bisa dicerna tubuh. Manfaat serat tersebut termasuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, mengontrol berat badan, serta mengendalikan kolesterol.


Kandungan vitamin dan mineral dalam jeruk

Sebagai jenis buah-buahan, jeruk mengantongi beragam vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral yang utama dalam buah jeruk, termasuk:
  • Vitamin C. Buah jeruk sangat identik dengan vitamin C. Satu buah jeruk berukuran besar memang memberikan angka kecukupan gizi harian vitamin C hingga 100%.
  • Vitamin B1. Vitamin B1 atau tiamin berperan dalam pengubahan karbohidrat menjadi energi.
  • Vitamin B9. Lebih dikenal dengan folat, vitamin B9 merupakan vitamin yang vital untuk ibu hamil.
  • Kalium. Asupan kalium yang cukup membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Mineral ini juga berpotensi untuk menurunkan risiko penyakit jantung.
  • Kalsium. Mineral lain dalam jeruk adalah kalsium, yang bermanfaat untuk pemeliharaan tulang dan otot Jeruk kaya dengan vitamin C dan beberapa vitamin B.


Kandungan senyawa tumbuhan dalam jeruk

    Kandungan jeruk lain yang membuatnya sangat spesial adalah beragam senyawa dan zat khas tumbuhan. Dua golongan senyawa dalam buah jeruk yaitu senyawa fenolik dan karotenoid. Di samping fenolik dan karotenoid, buah jeruk juga menjadi sumber asam sitrat.


  • Fenolik. Fenolik merupakan golongan senyawa yang memiliki efek antioksidan. Dua jenis fenolik dalam jeruk yaitu hesperidin dan antosianin, yang sama-sama bermanfaat untuk tubuh.
  • Karotenoid. Merupakan golongan zat antioksidan yang memberikan warna oranye cerah pada buah jeruk. Beberapa contoh karotenoid dalam buah jeruk termasuk beta-cryptoxanthin dan likopen.
  • Asam sitrat. Sebagai salah satu jenis buah sitrus, buah jeruk mengandung asam sitrat dan sitrat. Asam sitrat dan sitrat berpotensi untuk mencegah terjadinya batu ginjal.