Kaya Gizi Ikan Tuna yang Bagus Bagi Tubuh

    Ikan Tuna merupakan sumber makanan yang sehat dan dapat memberikan berbagai manfaat untuk tubuh. Khususnya ikan tuna. 


    Manfaat ikan tuna tak hanya sebatas menjadi makanan rendah lemak, tapi juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat ikan tuna juga dapat dilihat dari kaya akan kandungan gizinya. Mulai dari protein hingga omega-3

Kandungan gizi ikan tuna
    Dalam satu porsi ikan tuna seberat sekitar 85 gram, terkandung nutrisi berupa:
  • Kalori: 100
  • Lemak: 5 gram
  • Natrium: 290 miligram
  • Karbohidrat: 0 gram
  • Protein: 22 gram
  • Vitamin D: 6% dari total kebutuhan harian
  • Vit. B6: 6% dari total kebutuhan harian
  • Vit. B12: 15% dari total kebutuhan harian
  • Zat besi: 4% dari total kebutuhan harian

Manfaat Ikan Tuna

    Selain lezat, ikan yang satu ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat ikan tuna yang bisa Anda dapatkan.



1. Menyehatkan jantung

    Dari total lemak yang ada pada ikan tuna, sebagian besarnya merupakan asam lemak omega-3. 

    Komponen tersebut dapat menurunkan kadar trigliserida di dalam darah, mengurangi risiko terjadinya aritmia jantung, dan memperlambat penumpukan plak kolesterol yang bisa menghambat aliran darah.


2. Menjaga kesehatan reproduksi

    Mengonsumsi sekitar 50 gram tuna saja sudah dapat memenuhi 60% kebutuhan selenium di tubuh. 

Selenium adalah sejenis antioksidan yang dapat membantu tubuh terlindungi dari kerusakan oksidatif akibat paparan radikal bebas dan penting untuk kesehatan reproduksi.



3. Menurunkan tekanan darah tinggi

    Tidak hanya baik untuk jantung, kandungan asam lemak omega-3 yang ada dalam tuna juga membuatnya bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kalium yang ada pada tuna juga berperan sebagai vasodilasator atau melebarkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah bisa berkurang.



4. Menyehatkan mata

    Lagi-lagi, manfaat ikan tuna yang satu ini didapatkan dari asam lemak omega-3 yang dikandungnya. 

    Komponen yang satu ini, mampu mencegah terjadinya penyakit mata seperti degenerasi makula. Selain itu, mengonsumsi ikan tuna juga bisa menurunkan risiko terjadinya kerusakan mata akibat diabetes atau diabetic retinopathy.



5. Meningkatkan daya tahan tubuh 

    Ikan tuna mengandung vitamin C dan berbagai mineral yang dapat berperan sebagai antioksidan bagi tubuh. 
Selain itu, selenium dari ikan ini juga memiliki peran besar dalam melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang berisiko memicu timbulnya berbagai penyakit.



6. Mendukung tumbuh kembang anak

    Protein memiliki peran yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Komponen ini, bisa dibilang sebagai pondasi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sekaligus memberikan kemampuan penyembuhan luka dan penyakit secara lebih cepat bagi tubuh. Ikan tuna merupakan asupan yang bisa menjadi sumber protein yang baik bagi Si Kecil.


7. Cocok sebagai makanan diet

    Ikan tuna adalah makanan yang rendah kalori dan rendah lemak. Dua formula paten yang diperlukan oleh makanan untuk menurunkan berat badan. 
    Selain itu, asam lemak omega-3 yang ada pada ikan tuna juga dapat menstimulasi hormon leptin yang berfungsi mengontrol keinginan kita untuk makan.


8. Menambah energi 

    Vitamin B kompleks yang ada pada tuna bisa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh, termasuk meningkatkan energi di tubuh. Selain itu, komponen ini juga dinilai mampu melindungi kulit dari kerusakan dan tingkatkan efisiensi fungsi organ.


9. Mencegah kanker 

    Manfaat ikan tuna yang satu ini berasal dari antioksidan yang dimilikinya. Komponen ini memang bisa mengurangi risiko terjadinya beberapa jenis kanker, terutama kanker kolorektal.



10. Menjaga fungsi ginjal

    Mengonsumsi tuna bisa membantu menjaga keseimbangan cairan di tubuh. Hal ini penting. Sebab, ginjal kita dapat berfungsi dengan baik dan risiko timbulnya kerusakan ginjal pun akan berkurang, jika cairan tubuh seimbang.

    Meski begitu, apabila memiliki riwayat mengalami penyakit ginjal kronis, pastikan Anda sudah mendapat lampu hijau dari dokter sebelum mengonsumsi tuna. Sebab, tuna mengandung kalium dan fosfor. Keduanya bisa menumpuk di tubuh dan berbahaya bagi tubuh.



11. Memperlancar sirkulasi darah

    Ikan mengandung zat besi dan jika digabungkan dengan vitamin B kompleks yang juga dimilikinya, akan berperan sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Dengan begitu, pasokan sel darah merah di tubuh akan selalu terjaga dan sirkulasinya pun lancar.



12. Mencegah Depresi

    Kandungan asam omega-3 dalam ikan tuna berguna untuk menghilangkan depresi, terutama wanita. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan The Journal of Clinical Psychiatry terindikasi bahwa omega-3 dapat mencegah terjadinya gangguan mental.

    Demikian 12 manfaat dari ikan tuna, setelah baca ini jadi makin semangat untuk mengkonsumsi ikan karena manfaatnya yang begitu banyak.