Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

    Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, pastinya tak asing lagi dengan yang namanya daun kelor. Tumbuhan yang memiliki nama latin Moringa oleifera ini merupakan tanaman tropis yang sejak lama telah dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional. Tanaman ini dapat dikenali dari bentuk daunnya yang berukuran kecil. Pohon kelor juga mudah tumbuh dan bisa hidup di tanah yang tidak terlalu subur.


Untuk mengetahui sebenarnya apa saja manfaat dari daun kelor, berikut ini kami telah rangkum untuk Anda berbagai manfaat daun kelor untuk kesehatan :


Manfaat Daun Kelor

1. Mengontrol Tekanan Darah
    Daun kelor ini memiliki banyak kandungan kalium dan antioksidan. Berkat kandungan tersebut, tanaman ini diketahui bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah serta menjaganya tetap stabil sehingga dapat mencegah hipertensi.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah
    Sebuah penelitian menemukan bahwa daun kelor terlihat bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan efektivitas kerja dari hormon insulin. Manfaat ini tentu baik untuk mencegah diabetes dan terjadinya resistensi insulin.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Berdasarkan penelitian di laboratorium, ekstrak daun kelor diketahui bisa melindungi tubuh dari berbagai macam jenis kuman, seperti Salmonella typhi penyebab tifus, Escherichia coli penyebab diare, dan Staphylococcus aureus penyebab infeksi kulit. Daun kelor juga diketahui dapat melawan virus, terutama jenis Herpes Simplex Virus (HSV).

4. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker
    Ekstrak daun dan kulit batang pohon kelor terbukti efektif menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara, usus besar, dan pankreas. Manfaat daun kelor tersebut diduga berkat kandungan antioksidannya yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

5. Mengatasi Peradangan
    Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Namun, Anda dapat mengonsumsi daun kelor untuk meredakan peradangan yang dialami. Ekstrak daun kelor ini dipercaya mengandung zat yang dapat mengurangi peradangan.

6. Memelihara Kesehatan dan Fungsi Otak
Kandungan antioksidan di dalam daun kelor, bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Beberapa riset menunjukkan bahwa asupan antioksidan yang     tercukupi dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson. Daun kelor juga dipercaya baik dalam mendukung kinerja otak dan meningkatkan memori.

7. Baik untuk Jantung
    Ekstrak daun kelor disebut berpotensi mengatasi dislipidemia, salah satu jenis penyakit jantung akibat naiknya kadar kolesterol serta trigliserida di dalam tubuh.

8. Mencegah Anemia
    Kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalam daun kelor membuatnya dipercaya dapat membantu mencegah anemia. Meskipun begitu, penelitian lebih jauh masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat daun kelor ini.