7 Makanan Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Sr Sehat - Skin care merupakan perawatan kulit dari luar dan perlu digunakan terutama krim tabir surya untuk menghindari masalah-masalah kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. 




Namun, sangat diperlukan juga perawatan kulit dari dalam, yaitu mengkonsumsi makanan sehat untuk kulit yang mengandung berbagai vitamin dan mineral.


    Kandungan nutrisi dan vitamin asli dari buah dan sayur lebih efektif untuk meningkatkan kesehatan kulit dan bahkan mampu mencegah berbagai gangguan kulit secara alami.


1. Tomat

    Kandungan likopen dan karotenoid yang terdapat pada tomat dapat melindungi kulit dari paparan dan radiasi sinar matahari. Dalam suatu penelitian, seseorang yang terkena paparan sinar UV langsung diketahui berisiko lebih kecil mengalami kerusakan kulit setelah mengkonsumsi 40 gram tomat secara rutin.


2. Brokoli

    Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang dipenuhi oleh kombinasi vitamin, mineral, dan beta karoten yang merupakan komponen esensial untuk kulit. Brokoli juga mengandung vitamin A, vitamin C, zinc, dan lutein. Lutein adalah pigmen alami yang terdapat pada buah dan sayuran. Nutrisi dalam brokoli dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.



3. Bayam

    Selain Brokoli, bayam juga memiliki kadar lutein yang tinggi, berfungsi melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar UV. Bayam juga mengandung vitamin C, K, dan E, serta zeaxanthin.

 

4. Alpukat

    Buah alpukat adalah makanan sehat untuk kulit yang mengandung vitamin A, vitamin C, lemak sehat, dan serat. Aneka kandungan nutrisi yang terdapat pada buah yang bertekstur lembut ini merupakan kombinasi yang sangat bagus untuk menyehatkan kulit.


    Vitamin C yang terkandung dalam buah alpukat berperan dalam produksi kolagen yang merupakan protein utama untuk pembentukan struktur kulit dan juga membantu melawan munculnya tanda penuaan dan keriput akibat paparan sinar matahari.


5. Kacang Kenari 


    Kacang kenari juga termasuk dalam jenis makanan sehat untuk kulit karena kacang kenari mengandung sumber lemak baik esensial, zinc, vitamin C, vitamin E, selenium, dan protein. Semua kombinasi nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam kacang kenari memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

    Selain kacang kenari, jenis kacang lainnya seperti kacang kedelai juga menjadi makanan yang sehat untuk kulit. Kacang kedelai mengandung senyawa tanaman isoflavon yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolagen di kulit, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Isoflavon juga efektif untuk mengurangi kerutan-kerutan halus di kulit wajah serta meningkatkan elastisitas kulit.


7. Ikan

    Mengonsumsi ikan yang kaya akan omega-3 seperti ikan kembung, tongkol, salmon dan tuna, juga dapat membantu membuat kulit menjadi lebih sehat. Ini karena kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan mampu menjaga kulit tetap kenyal, lembap dan dapat mengatasi peradangan kulit.

    Ikan tersebut juga memiliki kandungan Vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan bagi kulit untuk melindungi kult dari radikal bebas dan peradangan kulit.