Bahaya..!!!! Racun Mematikan Kedua di Dunia Salah Konsumsi Ikan Buntal.... Perlu diketahui

    Selain mudah didapatkan, banyak manfaat dengan rutin mengonsumsi ikan. Ikan menjadi salah satu sumber makanan yang kaya kandungan protein, mineral, dan lemak sehat. Ikan juga mengandung asam lemak omega 3 dan vitamin K yang dibutuhkan tubuh.



Waspada, Ini Bahaya Ikan Buntal....!!!!


    Ikan buntal merupakan salah satu jenis ikan laut yang dikenal dengan blowfish. Dilansir dari National Geographic, ikan buntal menjadi salah satu ikan yang cukup banyak diincar oleh predator karena gerakannya yang lambat. Namun, tahukah kamu cara ikan buntal menghindar dari predator? Saat predator mendekat, ikan buntal langsung menggembungkan badannya. Tidak hanya itu, ikan buntal memiliki kandungan racun di dalam tubuhnya yang digunakan untuk menghindari predator.

    Faktanya, bagi predator yang berhasil menangkap ikan buntal, mereka tidak bertahan hidup lama karena adanya kandungan racun dalam tubuh ikan tersebut. Racun ini dikenal sebagai tetrodotoksin.

    Tidak hanya bagi predator ikan buntal, kandungan racun tetrodotoksin juga berbahaya bagi manusia yang tidak sengaja mengonsumsi ikan buntal. Dilansir dari National Geogrpahic, kandungan tetrodotoksin lebih mematikan dibandingkan racun sianida. Satu ikan buntal yang memiliki racun dapat membunuh 30 orang dewasa.

    Racun tetrodotoksin nyatanya bekerja pada tubuh manusia dengan menyerang saraf dan menyebabkan saraf tidak bergerak atau mengalami kerusakan. Bahayanya, racun tetrodotoksin dapat memengaruhi bagian otot yang mengendalikan pernapasan sehingga pengidap akan kesulitan bernapas dan jika tidak segera diatasi kondisi ini dapat menyebabkan kematian.


    Hingga saat ini, belum ada obat penawar untuk racun ikan buntal. Sebaiknya jika kamu mengalami gangguan pernapasan setelah mengonsumsi ikan buntal atau jenis ikan lainnya, tidak ada salahnya untuk segera kunjungi rumah sakit terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat. Pengobatan yang dapat diberikan adalah bantuan alat pernapasan hingga tubuh dapat mengeluarkan racun yang berada dalam tubuh secara alami.