Hilang nya Penciuman ?.... Tanda anda Terkena Anosmia Gejala Covid-19, Benarkah ??...

    Seperti yang kita ketahui bahwa kehilangan indra penciuman atau Anosmia merupakan salah satu gejala yang muncul akibat virus Covid-19.


    apa itu Anosmia secara lebih jelasnya? Apa saja gejala Anosmia dan bagaimana cara mengobatinya?


    Dalam kesehatan ada sebuah istilah yang menjelaskan tentang kondisi tersebut, kehilangan indra penciuman dalam istilah kesehatan disebut dengan ‘Anosmia’.

    anosmia adalah sebuah penyakit penyumbatan pada bagian hidung, dampaknya adalah terjadinya penurunan fungsi indera penciuman. Lebih parahnya jika penyakit ini tidak segera diatasi maka anda juga akan mengalami penurunan berat badan, kekurangan nutrisi dan penurunan nafsu makan.


Gejala Anosmia

    Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ketika ada menderita anosmia maka anda akan mengalami penurunan kepekaan indra penciuman, untuk melakukan pencegahan anosmia alangkah baiknya jika anda kenali terlebih dahulu gejalanya.


Di bawah adalah beberapa gejala anosmia yang perlu anda ketahui:
  1. Menurunnya Indera Penciuman
    Ini merupakan gejala paling umum saat anda mengidap anosmia, ketika anda merasakan hal ini segera konsultasikan kepada dokter terkait yang anda rasakan.

  2. Munculnya Polip
    Polip adalah sebuah jaringan abnormal dengan bentuk seperti tangkai yang dapat muncul pada hidung, hal inilah yang kemudian menjadi kemunculan anosmia. Bahkan jika dibiarkan hal ini akan dapat memicu penyumbatan saluran hidung dan tumor.

  3. Sakit kepala
    Untuk menghindari hal ini pastikan bahwa anda tidak mengkonsumsi makanan seperti kafein dan pisang.

  4. Perubahan Suara
    Sama halnya dengan penyakit flu, penyumbatan pada hidung karena anosmia juga dapat membuat suara anda berubah.



Penyebab Anosmia

Setelah mengetahui indikasi anosmia kini kita akan bahas beberapa penyebab penyakit tersebut, berikut adalah beberapa penyebab anosmia:
  1. Flu Saya yakin virus ini cukup familiar ya di telinga anda, ketika anda mengidap flu maka hidung akan tersumbat oleh lendir berlebihan pada hidung. Jika tidak segera diobati flu dapat menyebabkan anosmia

  2. Sinusitis Penyakit sinus juga disinyalir dapat menjadi penyebab munculnya penyakit anosmia.

  3. Usia Seiring dengan bertambahnya usia tentunya juga membuat seluruh indera yang ada pada tubuh kita mengalami penurunan fungsi, oleh karena itu sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk tetap sadar untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

  4. Alergi Beberapa alergi yang dapat menjadi penyebab alergi adalah alergi udara, dingin dan debu.