Jarang Di Ketahui I Manfaat Buah Sukun Untuk Kesehatan

Sr Sehat - Manfaat buah-buahan memang tak ada habisnya. Salah satunya yaitu buah sukun yang ternyata memiliki beragam khasiat.


Manfaat buah sukun serta Kandungan Nutrisi


    Buah sukun adalah buah berbentuk bulat dan seringnya berwarna hijau yang umum diolah dengan cara digoreng. Buah ini suka dikonsumsi sebagai makanan pokok karena mengenyangkan.


    Sebelum mengetahui berbagai manfaatnya, ada baiknya Anda juga mengetahui berbagai zat gizi yang terkandung dalam buah sukun. Dilansir dari laman Data Komposisi Pangan Indonesia, di bawah ini kandungan gizi pada setiap penyajian 100 gram buah sukun.

  • Air: 37 miligram
  • Energi: 126 kalori
  • Protein: 1,6 gram
  • Karbohidrat: 24,5 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Serat: 1,5 gram
  • Kalsium: 337 miligram
  • Kalium: 436 miligram
  • Natrium: 25 miligram



    Selain itu, buah bernama latin Artocarpus altilis ini juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin C dan vitamin B kompleks.

Khasiat buah sukun yang tak terduga


    Berdasarkan nutrisi bermanfaat yang dikandungnya, di bawah ini bermacam-macam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi buah sukun.


1. Buah yang mengenyangkan


    Seperti yang telah tertera di atas, 100 gram buah sukun mengandung sekitar 24,5 gram karbohidrat yang setara dengan 10% kebutuhan karbohidrat sehari, ditambah dengan kandungan serat dan proteinnya.


    Zat-zat tersebut akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sebab, jenis karbohidrat pada buah sukun yaitu karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga efeknya akan membuat rasa kenyang juga bertahan lebih lama.


    Begitu juga dengan serat dan protein. Serat tetap bisa membuat Anda kenyang meski makanan yang dikonsumsi kalorinya lebih rendah. Sedangkan protein membutuhkan lebih banyak energi untuk bisa dicerna, alhasil prosesnya pun akan memberikan efek kenyang.


2. Membantu tubuh melawan radikal bebas


    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah sukun mengandung senyawa phenolic dan flavonoid yang bersifat antioksidan.

    Kedua kandungan ini membantu tubuh melawan dampak yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Bahkan, jenis buah sukun berwarna kuning-oranye memiliki lebih banyak kandungan antioksidan xanthin dan lutein yang memiliki manfaat serupa.



Apa Itu Antioksidan dan Kenapa Penting Bagi Tubuh Kita?


3. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah
    Kandungan serat yang tinggi dalam buah sukun dapat menurunkan kolesterol darah dengan cara mencegah penyerapan kolesterol dari sistem pencernaan.

    Selain itu, konsumsi serat dari buah sukun juga diyakini dapat menurunkan risiko obesitas, menurunkan tekanan darah, dan melindungi usus besar dari senyawa kimia pemicu penyakit kanker.


4. Membantu memelihara kesehatan sistem peredaran darah

    Buah sukun segar tinggi akan kalium, zat besi, serta berbagai mineral lain yang menjadi komponen penting dalam menjaga kestabilan denyut jantung dan tekanan darah.

    Ditambah lagi, kandungan senyawa fitokimia pada buah sukun juga dapat membantu mencegah penyempitan dan pengerasan pembuluh darah akibat timbunan kolesterol.
Daftar Makanan Penambah Darah untuk Orang Anemia (Plus Pantangannya)


5. Melindungi tubuh dari serangan penyakit


    Kebanyakan orang mungkin akrab dengan buah jeruk sebagai salah satu buah kaya vitamin C. Padahal, vitamin C dalam buah sukun juga tak kalah tinggi.

    Seratus gram buah sukun mengandung 29 miligram vitamin C yang memenuhi 48% kebutuhan vitamin C dalam sehari. Konsumsi buah-buahan tinggi vitamin C membantu tubuh melawan serangan penyakit dan radikal bebas yang berbahaya.

    Meskipun rasanya mungkin tidak selezat jenis buah-buahan lainnya, buah sukun bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mencoba jenis buah-buahan baru.


    Selain dengan menggorengnya, Anda juga bisa mengolah buah sukun dengan cara yang lebih sehat, misalnya dengan mengukus atau merebusnya.