Objek Wisata : Pulau Balak Lampung keindahan Alam

    Pulau dengan luas sekitar 200 hektare ini menyajikan pemandangan yang tak kalah indah dengan pulau-pulau lain di Lampung. Pulau ini adalah satu dari 3 pulau kecil yang ada di Teluk Pidada. 



    Dua pulau diantaranya adalah Pulau Lunik dan Pulau Lok atau Pulau Helok. Penamaan Pulau Balak berasal dari bahasa Lampung yakni Balak yang artinya besar, dan pulau ini adalah pulau yang terbesar diantara 2 pulau lainnya. 


    Dalam areal seluas 200 hektar tampak perpaduan antara bebatuan padas di sisi timur dan selatan serta hamparan pasir putih di sisi barat dan utara.


    Pasir putih yang lembut terhampar bagaikan permadani. Pantai berpasir tersebut cukup landai dan luas. Jika Anda menyusuri sisi timur dan selatan Pulau Balak, tampak tebing bebatuan yang menyerupai dinding setinggi belasan meter.





    Pesisir Pulau Balak banyak ditumbuhi tanaman pantai, misalnya ketapang, putat laut, waru laut, dan rumput angin. Di tengah pulau didominasi kelapa, kakao, duku, dan sejumlah tanaman lain.



Kelebihan 

    Terumbu karang di Pulau Balak adalah keberadaan terumbu karang yang indah itu tidak begitu dalam. Bahkan, saat air surut pun terumbu karang kadang bisa kelihatan jelas dari permukaan laut. Di kedalaman 2 meter, terumbu karang dengan aneka ikan hias dengan mudah dijumpai. 

    Salah satu kekhasan alam bawah laut di perairan Pulau Balak adalah memiliki komposisi terumbu karang yang rapat. Terumbu karang jenis Oxypora lacera, Pectinia lactuca, dan Montipora digitata mudah ditemui di sana.





Biaya Masuk Pulau Balak :

    Untuk tiba di lokasi Pulau Balak, Anda harus menuju di Dermaga Ketapang, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam dari pusat Kota Lampung. 

    Harga tiket yang harus anda bayar untuk menyewa speed boat dan perahu motor adalah sebesar Rp. 300.000,- hingga Rp. 400.000,- dengan kapasitas penumpang 5-6 orang, sedangkan untuk perahu motor adalah sebesar Rp. 250.000,- dengan kapasitas penumpang 15 orang. Setibanya anda di Pulau Balak, anda akan disambut dengan sebuah dermaga dan juga gapura selamat datang Pulau Balak.