Taman Bukit Barisan - Objek Wisata Lampung yang direkomendasi Liburan Wisata ASING...

 Taman Nasional Bukit Barisan Selatan merupakan salah satu dari tiga taman nasional di Sumatera yang mewakili prioritas tertinggi bagi Unit Konservasi Harimau. Juga merupakan satu-satunya taman nasional yang memiliki ekosistem hutan dataran rendah terbesar pada hutan hujan tropis di Asia Tenggara.





    Selain itu, taman nasional ini memiliki fungsi strategis sebagai kawasan sistem penyangga kehidupan yang perannya sangat penting bagi masyarakat disekitarnya, karena kawasan ini merupakan daerah tangkapan air ( Catchment area).  Kawasan ini sedikitnya memiliki 23 sungai besar dan ratusan anak-anak sungai yang mengalirkan airnya membawa kehidupan dari taman nasional ke daerah-daerah hilir di sepanjang pesisir Kabupaten Tenggamus, Lampung Barat dan Bengkulu Selatan.a


    Di dalam kawasan konservasi ini masih terdiri atas hutan lebat. Di sini juga terdapat Tambling Wildlife Nature Conservation atau disingkat TWNC yang dikenal sebagai tempat pengembangbiakan alam margasatwa yang hidup liar pada area seluas 45.000 hektare. “Di Tamling bisa melihat rusa, kerbau liar dan beragam burung,”





3 Destinasi Wisata yang Mudah di jangkau 


    Tiga destinasi itu juga sangat mudah dijangkau dari berbagai arah baik dari kota Bandar Lampung, Palembang maupun Bengkulu. Inilah kawasan wisata TNBBS:

  • Resort Sukaraja Atas
Sukaraja Atas masih masuk dalam TNBBS persisnya di kabupaten Pesisir Barat dan Tanggamus, Lampung. Di dalam kawasan ini kata Ismanto terdapat air terjun, serta beragam fauna yang dilindungi seperti tarsius dan aneka burung serta flora berupa bunga rafflesia arnoldi. Lokasi ini kerap dijadikan objek penelitian oleh para mahasiswa di Lampung.

  • Taman Wisata Alam Pemerihan, Pesisir Barat
Selama ini kabupaten Pesisir Barat hanya dikenal potensi wisata alam berupa pantai yang indah. Dari pantai dan lautan tersebut, pelancong dapat melakukan aktivitas snorkeling, surfing, diving, renang, berlayar, berperahu motor, memancing, dan berjemur matahari.

Di luar itu kata Ismanto, di dalam kawasan TNBBS juga tersedia objek wisata yang tak kalah menarik di antaranya pengamatan burung, wisata edukasi dan juga patroli gajah. Saat ini masyarakat di desa Pemerihan, Kecamatan Bengkunat sedang mempercantik hutan dan kebun di sekitar desa untuk taman wisata.

  • Danau Suoh
Tidak kalah dengan Danau Ranau di Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), di kawasan Taman nasional Bukit Barisan Selatan ini juga terdapat danau yang terbentuk secara alami. Di kecamatan Suoh, Lampung Barat ini misalnya, pelancong dapat menikmati keindahan wisata alam berupa Danau Lebar Suoh, Danau Minyak dan Danau Asam.