9 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Terbaru

Sr Sehat - menjaga kesehatan kulit merupakan hal yang sangat penting. Dengan ini, dambaan kulit sehat dan terawat dapat terwujud sehingga menunjang penampilan lebih percaya diri serta mencegah Anda dari risiko terkena berbagai penyakit kulit.




Cara menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuh

    Paparan polusi dan sinar matahari, pertambahan usia, serta berbagai faktor lainnya dapat merusak kesehatan kulit. Jika kondisi ini dibiarkan terus-menerus, tidak hanya mengganggu penampilan, melainkan juga masalah kesehatan kulit lainnya dapat timbul.


1. Rutin mencuci muka

    Cara menjaga kesehatan kulit wajah adalah dengan mencuci muka secara rutin.Mencuci muka bertujuan untuk membersihkan sisa make up, minyak, dan kotoran yang menempel di wajah. 

    Jika sebelumnya Anda menggunakan make up, bersihkan wajah dengan cairan pembersih make up terlebih dahulu. Sebab, make up tidak dapat diangkat sepenuhnya hanya dengan mencuci muka. 


Gunakan sabun pembersih wajah ke permukaan wajah seraya memijatnya dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah sehingga seluruh minyak dan kotoran dapat terangkat sempurna. Bilas wajah menggunakan air hangat dan keringkan wajah menggunakan handuk bersih berbahan lembut. 

    Pastikan Anda membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari sebelum tidur.


2. Mandi 

    Sementara, salah satu cara menjaga kesehatan kulit tubuh adalah dengan mandi dua kali sehari. Mandi diperlukan untuk membersihkan kulit dari minyak, keringat, dan kotoran-kotoran yang menempel. 


    Akan tetapi, jangan mandi dengan air yang terlalu panas atau terlalu lama mandi karena dapat menghilangkan minyak alami pada kulit. Akibatnya, kulit Anda bisa menjadi sangat kering. Untuk menghindari hal tersebut, cara merawat kesehatan kulit adalah dengan membatasi waktu mandi dan gunakan air hangat (suam-suam kuku). 

    Selain itu, pilihlah sabun mandi dengan kandungan yang ringan untuk menjaga kadar minyak alami pada kulit. Setelah mandi, tepuk-tepuk kulit tubuh Anda dengan handuk lembut agar lembap.


3. Gunakan pelembap

    Jika memiliki kulit yang kering, hindari pelembap berbahan dasar alkohol. Sedangkan, bagi pemilik kulit berminyak, hindari pelembap berbahan dasar air. 

    Tak ada salahnya untuk menggunakan pelembap mengandung SPF sebagai cara menjaga kulit agar tetap sehat dengan memberikan perlindungan dari paparan sinar matahari.


4. Gunakan produk perawatan kulit yang tepat

    Pada umumnya, kulit akan melakukan regenerasi setiap 28 hari atau lebih. Akan tetapi, terkadang sel kulit mati dapat menumpuk.Terlebih, kondisi kulit juga dapat berubah secara signifikan menjadi lebih baik atau lebih buruk tergantung kepada berbagai faktor internal dan eksternal.

    Oleh sebab itu, perlu dilakukan cara menjaga kulit agar tetap sehat menggunakan produk perawatan kulit yang tepat sesuai jenis kulit. Penggunaan produk perawatan kulit yang tepat dapat mendukung kulit sehat dan bercahaya.

5. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Tips menjaga kesehatan kulit adalah dengan melindunginya dari paparan sinar matahari.Paparan sinar matahari yang paling kuat berada di antara pukul 10.00-16.00. Jadi, jika Anda beraktivitas di luar ruangan, pastikan untuk menggunakan tabir surya yang mengandung SPF minimal 30.


    Oleskan tabir surya ke kulit 20 menit sebelum keluar rumah pada pagi dan siang hari, Lalu, ulangi setiap 2 jam atau lebih sering jika Anda berkeringat atau berenang. Selain itu, Anda bisa mengenakan pakaian berlengan panjang, topi, atau payung, sebagai pelindung tambahan saat beraktivitas di luar ruangan.

6. Tidak merokok

    Tips menjaga kesehatan kulit yang tak kalah penting adalah dengan tidak merokok. Kebiasaan merokok dapat membuat kulit terlihat lebih tua sehingga memicu terbentuknya kerutan karena gerakan wajah mengisap yang Anda lakukan. Di samping itu, bahaya merokok dapat mempersempit pembuluh darah kecil pada 

    lapisan kulit terluar. Akibatnya, aliran darah berkurang sehingga membuat kulit terlihat lebih kecil. Merokok juga dapat menghabiskan nutrisi dan oksigen yang penting untuk kesehatan kulit. Bahkan, kolagen dan elastin yang memberi kekuatan dan elastisitas pada kulit pun dapat mengalami kerusakan.

    Tak berhenti di situ, efek samping merokok juga dapat meningkatkan risiko kanker kulit sel skuamosa.Jadi, sebaiknya berhentilah merokok untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit Anda.


7. Kendalikan stres

    Stres yang tidak terkendali bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif, memicu timbulnya jerawat, maupun masalah kulit yang lain. Maka, tips menjaga kesehatan kulit adalah coba untuk mengendalikan stres yang Anda alami dengan pikiran yang tenang.

Anda bisa menonton film komedi, meluangkan waktu untuk bersenang-senang, melakukan apa yang Anda sukai, atau bercerita pada orang terdekat sebagai cara mengurangi stres.


8. Hindari alkohol

    Apakah Anda sering mengonsumsi minuman beralkohol?Jika iya, sebaiknya segera membatasi atau bahkan menghentikan kebiasaan tersebut. Kebiasaan minum alkohol dapat memperbesar pembuluh darah sehingga kulit menjadi merah untuk sementara waktu. 

    Selain itu, minum alkohol secara berlebihan juga dapat memperbesar pori-pori kulit dan meningkatkan risiko Anda terkena kanker kulit. Bahkan, bahaya minum alkohol dapat menyebabkan penyakit hati, yang mengubah warna kulit menjadi kuning. Oleh sebab itu, hindari alkohol sebagai cara menjaga kesehatan kulit dan tubuh Anda tetap terjaga.


9. Lakukan eksfoliasi secara rutin

    Cara menjaga kulit agar tetap sehat berikutnya adalah dengan eksfoliasi secara teratur.Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati sehingga membantu kulit tetap bersih dan bercahaya.Dengan demikian, tekstur kulit bisa lebih halus, proses penyerapan produk skincare bisa maksimal, dan warna kulit menjadi cerah.

Baca Juga : 2 Cara Praktis Daftarkan Vaksin melalui Secara ONLINE