Ternyata... Ngupil sangat Berbahaya Untuk Kesehatan Hidung

Sr Sehat - Sering Sekali kebiasaan buruk mengorek bagian lubang hidung dengan jari tangan untuk membersihkan kotoran atau upil di dalamnya. Hampir seluruh bagian upil terdiri dari cairan ingus, yang dihasilkan oleh tubuh di dalam hidung. 




Kebiasaan ini jelas tidak dilakukan di hadapan publik, tapi dilakukan ketika dirasa tidak ada seorang pun yang melihatnya. Banyak sekali orang terbiasa ngupil dengan alasannya masing-masing. Meski dianggap lumrah yaitu kebiasaan, ternyata sangat Berbahaya sering mengupil tidak boleh diabaikan.

Bahaya yang didapatkan yakni, yang harus di waspadai :


Rentan terkena Infeksi

Terlalu sering ngupil dapat berisiko menyebabkan luka di jaringan dalam hidung. Kondisi ini bisa menjadi celah bagi bakteri untuk menginfeksi tubuh.

Baca Juga : 5 Tren Kecantikan 2021, yang kamu harus ketahui

Mimisan
Sebagian orang yang suka ngupil, kondisi ini umum sering terjadi. Ngupil dengan cara yang terlalu sangat agresif bisa dengan mudah merusak atau merobek kulit dalam hidung. Akan lebih berbahaya jika ngupil dengan kuku tajam.

Menyebabkan sinusitis
Di beberapa kasus, kalau ada orang yang menderita demam dan hidung tersumbat, ngupil bisa menyebabkan berkembangnya sinusitis. Bakteri dari kuku bisa menyebabkan infeksi dan memicu peradangan lebih lanjut.

Menyebabkan kerusakan septum

Bahaya yang sering terjadi mengupil lainnya adalah dapat menyebabkan terjadinya kerusakan septum, yakni bagian tulang dan tulang rawan yang memisahkan lubang hidung kiri dan kanan.

Baca Juga : 9 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Terbaru