Manfaat dan Kandungan Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Sr Sehat - Pisang merupakan salah satu jenis buah yang enak dan mudah dikonsumsi, bahkan untuk bayi sebagi  makanan awal. Di balik rasanya yang manis, pisang juga menyimpan banyak nutrisi yang bagus untuk kesehatan yang harus kita ketahui.




Buah pisang selain murah juga mudah didapat. dipasar maupun di swalayan tradisional, modern. Apalagi rasanya yang lezat menjadikan buah ini digemari seluruh kalangan.


Membantu Mengatasi Hipertensi

Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah tetap stabil.

Serat bahan pangan yang dikandung pisang mampu mengikat lemak, dengan demikian pembentukan plak bisa dicegah. Plak bisa menyempitkan bahkan menyumbat pembuluh darah sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat.



Sumber energi

Untuk itulah, kamu disarankan mengonsumsi pisang saat sarapan. Pisang mengandung kalori, karbohidrat, dan lemak yang cukup untuk memberikan energi di pagi hari. Dengan begitu, kamu bisa menghadapi semua aktivitas dengan lebih bersemangat.

Baca Juga : Jarang Di Ketahui I Manfaat Buah Sukun Untuk Kesehatan

Pisang bisa dijadikan bahan smoothies dengan buah berry dan susu. Kamu pun bisa memotongnya kecil-kecil dan mencampurkannya dalam semangkuk oatmeal maupun muesli. Tambahan pisang juga akan membuat kamu merasa kenyang setelah sarapan.


Menyembuhkan penyakit usus

Pisang juga bisa jadi obat penyakit pencernaan. Campur pisang dengan susu cair dan konsumsi saat perut terasa mulas. Pisang merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi dan mampu meningkatkan bakteri baik dalam usus untuk membantu meredakan penyakit pencernaan.

Campuran makanan ini dianjurkan untuk penderita diare supaya pembuangan kotoran bisa kembali normal. Selain itu, pisang dan susu juga bagus untuk menetralkan asam lambung yang sudah meningkat.


Baca Juga : Lemak Perut...? Coba Olahraga ini menghilangkan lemak perut

Memperlancar Metabolisme

Tidak perlu obat. Dengan makan pisang, Anda yang mengalami kesulitan saat buang air besar, dapat memakan buah pisang sebagai langkah pengobatan karena buah pisang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa tubuh dalam proses metabolisme.


Melancarkan Aliran Oksigen ke Otak

Pisang kaya akan potasium, mineral yang penting bagi penjagaan fungsi jantung dan sirkulasi darah. Oleh sebab itu sirkulasi oksigen ke otak bisa terjamin dan stroke akibat tekanan darah tinggi bisa dicegah.


Mengatasi Anemia

Salah satu hal penting lain yang dikandung pisang adalah zat besi. Sehingga buah ini baik bagi orang yang kekurangan darah merah. Tepatnya untuk mendukung pembentukan hemoglobin, atau protein yang mengandung zat besi.


Kandungan Gizi Buah Pisang

Buah pisang disukai karena kandungannya yang kaya. Simak dulu kandungan gizi yang ada dalam satu buah pisang di bawah ini:
  1. Kalori
  2. Karbohidrat
  3. Protein
  4. Lemak
  5. Kalsium
  6. Serat
  7. Fosfor
  8. Zat besi
  9. Vitamin A
  10. Vitamin B
  11. Vitamin C
  12. Air