5 Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

Sr Sehat - Mangga yang matang secara alami justru amat disarankan dikonsumsi karena banyak sejumlah manfaat dan kandungan zat gizinya yang baik bagi tubuh. sedangkan mangga yang matang buatan sangat membahayakan dikonsumsi baik ibu hamil.



Buah Mangga mempunyai Rasa asam dan manis buah mangga memang bisa usir mual selama hamil, tapi adakah manfaat lainnya dari makan mangga saat hamil?



Berikut Beberapa manfaat yang didapatkan konsumsi mangga untuk ibu hamil :

1. Mengurangi gejala morning sickness
Mual dan muntah adalah gejala yang umum terjadi pada ibu hamil. Namun, rasa mual tersebut bisa menyebabkan makanan yang seharusnya dicerna oleh tubuh justru dimuntahkan. Selain itu, mual juga akan memengaruhi nafsu makan ibu hamil.

Pada beberapa kasus, gejala muntah-muntah yang berkelanjutan dapat berdampak pada kekurangan gizi pada ibu hamil. Muntah-muntah pun bisa menyebabkan Anda kelelahan.

berkat vitamin B6 di dalamnya, manfaat mangga untuk ibu hamil muda ialah meringankan gejala mual akibat morning sickness saat hamil.



2. Melindungi sel tubuh dari radikal bebas

Apalagi kalau bukan antioksidan pada mangga yang dapat merusak rantai radikal bebas dan mencegah kerusakan akibatnya. Radikal bebas diyakini sebagai penyebab berbagai penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, hingga Alzheimer.

Vitamin C dan polifenol pada buah mangga secara tidak langsung akan mengurangi risiko penyakit kronis tersebut. Makanan tinggi oksidan juga membantu menjaga kesehatan tubuh sang ibu dan bayi secara keseluruhan.



3. Membantu mencegah dan mengatasi sembelit

Peningkatan hormon progesteron selama kehamilan menyebabkan relaksasi otot-otot usus. Hal ini menyebabkan gerakan usus dan pencernaan jadi lambat, sehingga akhirnya memicu sembelit.


Manfaat lain dari mangga untuk ibu hamil muda adalah mencegah sembelit. Kandungan serat yang tinggi pada mangga membantu melancarkan pencernaan Anda. Mangga pun dapat mengatasi sembelit yang umum terjadi pada trimester pertama kehamilan.

Serat akan menarik air ke dalam usus dan melunakkan feses sehingga mudah dikeluarkan. Selain itu, serat juga lebih lama dicerna sehingga membuat ibu hamil kenyang lebih lama dan menghindari makan camilan yang tidak sehat.


4. Mencegah anemia

Mangga mengandung vitamin C dan zat besi. Mineral iron diperlukan tubuh untuk menjaga jumlah darah dalam tubuh. Sementara vitamin C membantu tubuh untuk menyerap zat besi dari buah mangga dan makanan lainnya. Kombinasi vitamin C dan zat besi membantu mencegah ibu mengalami anemia selama hamil ataupun saat melahirkan nantinya.

Folat ternyata juga berperan penting dalam produksi sel darah merah, yang turut mampu menurunkan risiko anemia pada ibu hamil.


5. Menunjang tumbuh kembang janin


Bersama dengan folat alias vitamin B9, vitamin B6 dalam buah mangga membantu perkembangan dan pembentukan otak serta saraf-saraf di tulang belakang janin di dalam kandungan. Mencukupi kebutuhan vitamin ini sama saja memenuhi asupan asam folat saat hamil.

Folat juga membantu mencegah risiko kelahiran prematur dan cacat tabung saraf saat lahir, salah satunya spina bifida. Disamping itu, vitamin A pada mangga membantu pembentukan gigi dan tulang bayi, serta perkembangan sistem penglihatan, jantung, paru-paru, hingga ginjalnya.