Inilah...Makanan Bayi Usia 6 Bulan untuk Meningkatkan Tumbuh Kembang si Bayi

Sr Sehat - Pemberian makanan pengganti air susu ibu (MPASI) pada bayi usia 6 bulan mungkin membuat Anda mulai memperhatikan produk MPASI. ASI memang merupakan nutrisi terbaik untuk bayi selama 2 tahun pertama kehidupannya.



Umumnya, bayi mulai mengonsumsi makanan pada usia 5 atau 6 bulan. Salah satu tanda bayi sudah bisa mengonsumsi makanan adalah leher yang kuat menyangga kepala dan mulai tertarik pada makanan.


Berikut ini 5 makanan terbaik untuk bayi 6 Bulan.

Pisang
Pisang mengandung serat, vitamin A, fosfor, asam folat, dan kalium yang aman bagi perut bayi. Pilih pisang yang sudah matang sempurna, dan berikan kepada Si Kecil dengan cara melumatkannya dengan garpu, lalu tambahkan ASI untuk mengencerkannya.


Wortel
Sayur-sayuran sangat baik untuk bayi karena kaya akan vitamin dan mineral. Wortel adalah salah satu yang sejak dulu banyak direkomendasikan untuk proses pengenalan makanan pada bayi karena merupakan sumber vitamin A dan mineral yang tinggi. Moms bisa merebusnya terlebih dahulu kemudian menjadikannya puree.


Kuning Telur
Sebelum Si Kecil berusia 1 tahun, hindari memberikannya putih telur karena potensial menyebabkan alergi. Anda bisa memberikan kuning telur yang memiliki nutrisi tinggi, seperti vitamin A, D, dan E. Pastikan Moms merebus telur hingga benar-benar masak untuk menghindari adanya bakteri salmonela. Dan sebaiknya, untuk bayi 6 bulan, batasi konsumsi telur hanya 1-2 butir per minggu.

Baca juga : Kebutuhan Gizi yang baik untuk usia anak 2-5 tahun

Alpukat
Alpukat mengandung banyak vitamin A, vitamin C, magnesium, serta lemak baik yang dibutuhkan oleh bayi untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta kemampuan motoriknya.


Pepaya
Pepaya mengandung banyak enzim papain untuk membantu proses pencernaan. Selain itu, pepaya juga mengandung zat besi dan asam folat untuk membantu proses perkembangan otak, serta kalsium dan zinc untuk menjaga kesehatan tulang.




Baca Juga : Tips, Memenuhi Gizi anak usia 1- 2 tahun