Khasiat Ikan Gabus Usai Ibu Melahirkan yang Perlu diketahui

Sr Sehat - Setelah melahirkan, seorang ibu harus lebih fit atau prima untuk mengasuh buah hatinya sekaligus menyusui untuk memberikan ASI eksklusif selama enam bulan. Salah satu perawatan pascamelahirkan dengan caesar adalah dengan mengonsumsi ikan gabus. Kandungan albumin yang tinggi pada ikan gabus dipercaya mampu mempercepat penyembuhan luka sayatan dan jahitan bekas operasi caesar.


Kandungan protein ikan gabus jauh lebih tinggi dari ikan lele dan nila, bahkan melebihi kadar protein pada daging ayam yang hanya 18,2 gram/ 100 gram, daging sapi sekitar 18,8 gram/100 gram dan telur yang hanya 12,8 gram/100 gram. Mengonsumsi ikan gabus telah memenuhi kebutuhan protein tubuh hingga 25,2 gram.


Manfaat ikan gabus dianggap fenomenal karena ikan ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi ketimbang jenis ikan lainnya. Salah satu jenis protein yang ada di dalam ikan gabus adalah albumin.

Albumin adalah protein yang memiliki peranan penting dalam proses penyembuhan luka. Protein tersebut membantu pembentukan sel-sel dan jaringan baru di dalam tubuh yang sudah rusak akibat luka.


Berikut ini beberapa manfaat ikan gabus bagi penyembuhan luka pascaoperasi caesar.


1. Mempercepat proses penyembuhan luka

Tindakan pembedahan termasuk operasi caesar akan meninggalkan bekas luka. Pada beberapa orang, adanya bekas luka itu dirasa sangat mengganggu. Mengonsumsi ikan gabus yang mengandung senyawa albumin sebagai protein alternatif akan membantu luka sembuh lebih cepat.


2. Menyehatkan Pencernaan

Ikan gabus ternyata bagus juga untuk menjaga kesehatan organ pencernaan kita. Cukup banyak penyakit serius yang disebabkan oleh pencernaan yang tidak sehat seperti kanker usus misalnya. Daging ikan gabus relatif lebih empuk dibandingkan ikan yang lainnya sehingga organ pencernaan tidak bekerja keras untuk mencernanya.


4. Memperbaiki gizi dan menjaga stamina

Agar bekas luka operasi caesar bisa cepat kering dan sembuh maka harus mencukupi kebutuhan gizi bagi tubuh. Menu makanan ikan gabus cukup bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi Ibu pascaoperasi caesar. Apalagi jika Ibu tetap aktif menyusui maka manfaatnya juga untuk Si Kecil. Dengan nutrisi tercukupi, stamina akan terjaga.


5.Memperbaiki Kondisi Gizi Buruk

Agar bekas luka bisa cepat sembuh kita harus mencukupi kebutuhan gizi bagi tubuh. Kondisi kekurangan gizi berarti tubuh tidak cukup asupan nutrisi yang diperlukan untuk memperbaiki jaringan otot. Menu makanan yang dibuat dari ikan gabus sudah cukup bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu setelah operasi caesar dan juga bayinya.