Manfaat Buah Melon yang belum kita ketahui bersama, menunjang Kesehatan tubuh


Sr Sehat -
Buah melon memiliki berbagai nutrisi di dalamnya, seperti kalium, asam folat, protein, vitamin, betakaroten, dan magnesium. Buah melon memiliki rasa manis dan hampir 95 persen mengandung air. Kandungan air yang banyak pada buah melon itu dapat menuntaskan dahaga Anda.


Kandungan lainnya di dalam buah melon adalah berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B dan vitamin C yang jumlahnya cukup tinggi. Karbohidrat dan mineral serta protein juga menunjang melon menjadi buah yang menyehatkan.

Tidak hanya kandungan tersebut saja melainkan juga ada kandungan lainnya seperti zat besin, kalsium, fosfor dan lainnya.


Kandungan serat yang tinggi dalam buah melon, memberikan dampak yang positif bagi kesehatan. Buah melon bisa dijadikan makanan pencuci mulut atau camilan segar saat cuaca sedang panas.

Anda bisa mendapatkan manfaat khasiat bagi kesehatan dengan mengonsumsi buah melon dalam jumlah cukup. Pada satu buah melon, terkandung 60 kalori dan 14 gram kandungan gula alami. Kadar lemak pada buah melon tergolong rendah, jadi bisa dinikmati sewaktu-waktu.


1. Melancarkan pencernaan

dalam buah melon muda terdapat kandungan mineral yang berfungsi untuk mengatur tingkat keasaman tubuh supaya normal.

Keasaman tubuh yang tidak normal dapat mengganggu proses pencernaan terutama bagi mereka yang menderita asam lambung.

Jadi dengan mengonsumsi buah melon muda dapat terhindar dari risiko sembelit yang sangat tidak menyenangkan.


2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Mengonsumsi buah melon dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Buah melon sangat cocok dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Hal ini didukung oleh kandungan natrium yang rendah dan kalium yang tinggi.



3. Mencegah dehidrasi

Buah melon muda mengandung air yang sangat banyak. Oleh karena itu air dari buah melon ini mampu mencegah terjadinya dehidrasi.

Air merupakan komponen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Paling tidak tubuh membutuhkan 2 liter air dalam tiap harinya.

Jika hanya memperoleh asupan air dari minuman saja mungkin tidak cukup dan cepat bosan minum air putih, oleh karena itu mengonsumsi buah melon adalah alternatif pemenuhan kebutuhan air yang sangat sehat bagi tubuh.

4. Mencegah Penyakit Jantung


Buah melon dipercaya dapat memperlancar aliran darah di sekitar organ jantung. Kandungan adenosine yang ada dalam buah melon bisa mencegah penyakit jantung dengan signifikan. Rutin mengonsumsi buah melon mampu memperlancar peredaran darah dan meningkatkan kerja jantung.


5. Mengatasi penyakit ginjal

Buah melon muda memiliki kemampuan daya dierutik yang sangat baik untuk kesehatan ginjal.

Oleh karena itu bagi yang saat ini sedang memiliki masalah pada ginjalnya jangan sungkan untuk mengonsumsi buah melon muda.