Bolehkah Mengkonsumsi Asi dengan Susu Formula untuk si Bayi ?.. ini menurut Dokter

Sr Sehat - Dokter ahli laktasi Falla Adinda Pringgayuda mengungkapkan, ASI mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan bayi. Lebih dari itu, ASI mengandung immunoglobulin sehingga meningkatkan daya tahan tubuh bayi.



Dengan pemberian ASI, sistem pencernaan hingga otak bayi akan terbentuk dan berkembang dengan optimal. Sejumlah penelitian menunjukkan, bayi ASI memiliki IQ lebih tinggi dibanding bayi yang tak mendapat ASI. Selain itu, ASI juga akan meningkatkan


Seluruh ahli kesehatan anak di dunia sepakat bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Di dalam ASI yang diproduksi oleh sang Ibu, kebutuhan nutrisi bayi terpenuhi dengan sendirinya.

Pemberian ASI juga terbukti menurunkan risiko sejumlah penyakit, seperti diabetes, obesitas, pneumonia, ISPA, hipertensi, malnutrisi, hingga kanker.


Alasan Umum dan Medis untuk Mengombinasikan ASI dengan Susu Formula

Ada beberapa alasan umum para Ibu memilih mengombinasikan pemberian ASI dengan susu formula, antara lain:


Produksi ASI sedikit
Sebagian ibu berjuang untuk menghasilkan produksi ASI yang cukup agar bisa menyusui eksklusif. Tetapi ada faktor-faktor kesehatan lain yang membuat produksi ASI menurun, misalnya diet, penyakit yang diderita, bahkan stres. Susu formula dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi bayi dari kekurangan yang tak dapat dipenuhi oleh jumlah ASI Mama.


Baca Juga : Kebutuhan Gizi yang baik untuk usia anak 2-5 tahun

Waktu istirahat untuk Mama
Memberi minum ASI dan susu formula untuk bayi lewat botol adalah salah satu cara yang memungkinkan ibu bisa mendapat waktu istirahat lebih panjang. Dengan cara ini, orangtua yang lain dapat bergantian memberi makan bayi, terutama di malam hari, tanpa tergantung pada Mama.


Mama kembali bekerja
Banyak ibu yang akhirnya memutuskan mengombinasikan ASI dengan susu formula agar lebih efektif dan efisien ketika sang Ibu harus kembali bekerja. Siapapun yang mengasuh bayi, bisa memberikan susu tanpa perlu menunggu kedatangan sang Ibu dari tempat kerja.