Kandungan Vitamin Pada Cabai Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh.

Sr Sehat- Tidak hanya memiliki rasa yang pedas ternyata memakan cabai mempunyai kandungan vitamin yang diperlukan untuk tubuh. Banyak yang belum mengetahui jika mengkonsumsi cabai dapat mencegah berbagai macam penyakit. 




Cabai memiliki nama latin Capsicum frutescens mengandung nutrisi dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Sayuran tersebut memiliki kandungan vitamin C, vitamin B6, vitamin K, kalium, tembaga, serta vitamin A. Manfaat Cabai untuk kesehatan tubuh: 


1.Mencegah kanker 

Kandungan capsaicin dalam cabai dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. Ini dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker. Bahkan, sel kanker dapat dilawan dalam kasus kanker prostat, pankreas, dan kulit.


2. Mencegah penyakit jantung

Cabai nyatanya mampu mencegah risiko penyakit jantung karena memiliki kandungan vitamin B6, potassium, beta karoten dan asam folat. Tidak hanya itu, cabai  juga memiliki manfaat dalam menjaga kestabilan tekanan darah.


3. Menjaga kesehatan pencernaan

Cabai dapat membantu meningkatkan pertahanan lambung terhadap infeksi, meningkatkan produksi cairan pencernaan dan membantu mengantarkan enzim ke lambung.


4. Meredakan nyeri 

Capsaicin memiliki kemampuan meredakan nyeri apabila diaplikasikan langsung ke kulit. Ini terjadi karena capsaicin mereduksi substansi P, molekul protein kecil yang memberi sinyal rasa sakit ke otak. Semakin sedikit substansi P diproduksi, sinyal rasa sakit tak bisa lagi sampai ke otak.


5. Menjaga kesehatan mulut 

Cabai mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, vitamin C pada cabai hanya sebagai penyumbang jika dari makanan lain belum cukup dan efeknya hanya berlangsung sebentar. Tetapi, vitamin C pada cabai bisa membantu menjaga kesehatan mulut dan gusi


6. Untuk metabolisme tubuh

Kandungan capsaicin dalam cabe rawit membantu memaksimalkan pembakaran kalori. Proses ini disebut diet-induced thermogenesis yang membantu memaksimalkan metabolisme tubuh seseorang.


Meski cabai memiliki berbagai macam manfaat, mengkonsumsi cabai yang berlebihan dapat mengakibatkan sakit perut. Makan cabai sesuai porsi jangan berlebihan.