Khasiat Mengkonsumsi Daun Kemangi Bagi Kesehatan Yang Wajib Diketahui!

Sr Sehat- Daun Kemangi merupakan salah satu lalapan yang terkenal, Daun Kemangi kaya kana khasiat selain dijadikan untuk bahan campuran masakan bisa juga diolah sebagai obat untuk kesehatan tubuh. Tanaman kemangi ini banyak tumbuh di kebun bahkan di perkarangan rumah.



Daun kemangi segar mengandung air, karbohidrat, antioksidan, protein, lutein, serat, dan zeaxanthin. Tidak hanya itu, kemangi juga mengandung berbagai macam vitamin kalium, serta folat. Kandungan tersebut membuat kemangi dijadikan obat herbal untuk mencegah beberapa penyakit.


Berikut Khasiat Daun Kemangi Bagi Kesehatan:

1. Mencegah Bau Badan dan Mulut
Daun kemangi untuk bau badan ini bisa didapatkan dengan cara minum air perasan daun kemangi. Dan bisa juga dimakan secara mentah atau sebagai lalapan untuk mendapatkan manfaatnya.


2. Menghilangkan Stres
Daun kemangi memiliki adaptogen dan antidepresan. Hal ini membuat daun kemangi membantu tubuh beradaptasi dan mengurangi rasa stres serta meningkatkan keseimbangan mental.


3. Mengobati Keputihan pada wanita
Daun kemangi merupakan salah satu solusi kesehatan kewanitaan,di dalam kandungan daun kemangi terdapat kandungan antibiotik alami yang mampu membunuh kuman penyebab keputihan. Cara mengkonsumsi kemangi sebagai lalapan, dan bisa juga menjaga aroma alat reproduksi agar tetap wangi.


4. Menurunkan Gula Darah
Manfaat daun kemangi lainnya adalah bisa membantu menurunkan kadar gula darah, kemangi juga aman digunakan jangka panjang untuk mengatasi keluhan diabetes.


5.Mencegah Kanker
Daun kemangi juga dipercaya dapat mencegah kanker. Jenis kanker yang dapat dicegah oleh daun kemangi yaitu kanker kulit dan mulut. Hal ini karena daun kemangi mengandung antioksidan yang efektif dalam mencegah pertumbuhan sel kanker.