Manfaat Bayam Hijau yang Penuh Gizi Bagi Kesehatan.

Sr Sehat- Bayam Hijau sangat kaya akan gizi sehingga bagus dikonsumsi oleh semua kalangan. Bayam atau bahasa latinnya Amaranthus tricolor adalah sayuran berdaun hijau yang berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. 




Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting bagi tubuh. Bayam memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Kandungan vitamin yang dimiliki bayam di antaranya yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin C. Tidak hanya itu mineral-mineral utama yang dimiliki bayam yaitu magnesium, asam folat, zat besi, potasium, kalsium dan sodium. Melihat banyaknya kandungan gizi dalam sayur bayam, tentu manfaat dari sayur bayam untuk kesehatan begitu banyak.


Selain dapat menjaga kesehatan, mengkonsumsi bayam juga bermanfaat untuk kecantikan. Di antaranya mengatasi masalah pada kulit dan rambut. Hal tersebut dikarenakan sayuran berdaun bulat ini mengandung segudang nutrisi penting seperti vitamin A, C, K dan kaya antioksidan.


Manfaat Bayam bagi kesehatan yang kaya akan gizi: 

1. Menjaga kesehatan mata 

Kandungan bayam yang kaya akan beta-karoten, xanthene dan lutein sangat baik untuk kesehatan mata. Dengan mengonsumsi sayur bayam secara rutin, kebutuhan vitamin A akan selalu tercukupi.


2. Menurunkan tekanan darah tinggi 

Bayam mengandung nitrat dalam jumlah tinggi, yang telah terbukti membantu tingkat tekanan darah sedang dan menurunkan risiko penyakit jantung.


3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bayam juga dikenal tinggi akan kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, folat, dan magnesium. Beragam nutrisi tersebut diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 


4. Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Bayam mengandung vitamin A yang tinggi, sehingga dibutuhkan untuk produksi sebum agar rambut tetap lembab. Selain itu, vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.


5. Mengatasi jerawat

Bayam juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, aplikasikan sebagai masker wajah untuk mengatasi masalah jerawat. Cara menggunakannya cukup rendam bayam dalam sedikit air, lalu oleskan pada wajah selama kurang lebih 20 menit. Kotoran, minyak dan peradangan di kulit akan dihilangkan. Ini juga dapat memberi sensasi menyegarkan dari dalam kulit.