Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

Sr Sehat- Labu Siam merupakan salah satu sayuran yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Labu Siam memiliki nama latin Sechium edule, tumbuhan ini mengandung tinggi nutrisi dan mineral yang baik untuk kesehatan. 




Buah yang tanamannya merambat ini mengandung air, serat, karbohidrat kompleks, folat, vitamin B, C, E, dan K. Selain itu, labu siam bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena juga mengandung berbagai mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan zinc. Labu siam juga rendah kalori dan nyaris tidak mengandung lemak.


Manfaat labu siam bagi kesehatan cukup banyak sekali untuk mencegah penyakit hingga membantu pola diet. Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi labu siam: 


1. Mencegah penyakit kanker

Di dalam labu siam, terdapat kandungan antioksidan yaiti apigenin dan juga luteolin. Dua jenis antioksidan ini bermanfaat untuk melawan dan membersihkan radikal bebas penyebab kanker yang ada di dalam tubuh. 


2. Mengatasi asam urat

Asam urat adalah jenis radang sendi yang biasanya disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam darah. Penumpukan tersebut dapat memicu pembentukan kristal yang bisa menyebabkan iritasi, peradangan, dan pembengkakan. Cara mengatasi nya dengan mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan dan serat, salah satunya labu siam.


3. Menurunkan berat badan

Labu siam seperti labu-labu lainnya, merupakan sayuran yang mengandung kalori yang sangat rendah, labu siam tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol sama sekali. Labu siam juga mengandung serat yang cukup tinggi. Sehingga, dari faktor-faktor inilah yang membuat labu siam menjadi bahan makanan yang cocok untuk menurunkan berat badan. 


4.Menjaga kesehatan jantung

Tingginya antioksidan yang ada di labu siam juga berfungsi menekan penyebab terjadinya penyakit jantung, seperti darah tinggi dan kolesterol. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi labu siam bisa membantu menjaga kesehatan jantung. 


5. Mengatasi anemia 

Kekurangan zat besi dapat membuat seseorang rentan mengalami anemia. Salah satu penyebab anemia adalah kurangnya asupan zat besi dari makanan yang dikonsumsi setiap hari. Labu siam mengandung cukup zat besi sehingga berpotensi membantu mengatasi anemia.