Obat Alami Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami

Sr Sehat- Sakit gigi siapa yang tidak pernah mengalaminya, semua orang hampir pernah mengalaminya. Sakit gigi adalah sensasi rasa nyeri atau ngilu yang dirasakan sekitar gigi, sebabnya berasal dari beberapa penyakit gigi itu sendiri. Rasa nyeri dan ngilu di gigi bisa terjadi jika Anda kurang menjaga kesehatan gigi dan mulut.


Gejala sakit gigi yang umum dirasakan adalah nyeri pada area gigi dan rahang. Nyeri ini biasanya muncul ketika gigi diberikan tekanan atau rangsangan, seperti panas atau dingin dari minuman dan makanan yang dikonsumsi. 


Penyebab sakit gigi adalah peradangan yang terjadi pada pulpa, yang terdapat di tengah gigi. Pada area pulpa tersebut, terdapat ujung syaraf yang sangat sensitive terhadap rasa nyeri. Peradangan pada pulpa dapat terjadi karena adannya gigi berlubang, trauma, dan infeksi pada gigi.




Berikut beberapa obat alami untuk menghilangkan sakit gigi: 

1. Kumur air garam

Air garam dapat mengurangi rasa sakit gigi dengan mengurangi pembengkakan gusi. Caranya masukkan setengah sendok teh garam pada segelas air, lalu gunakan air tersebut untuk berkumur.


2. Kompres dengan air es

Kompres air es dapat membantu dalam mengurangi rasa sakit, pembengkakan dan peradangan yang terjadi di area gigi dengan menghambat hantaran nyeri saraf. Untuk menggunakannya, kompres air es dan letakkan di area pipi selama 20 menit. Bisa mengulanginya beberapa kali hingga rasa sakit menurun.


3. Minyak Cengkeh

Obat alami ini menghilangkan rasa sakit. Gosokkan langsung pada area yang sakit, atau rendam bola kapas dan oleskan pada gigi dan gusi. Untuk menggunakannya Ambil kapas untuk diteteskan minyak cengkeh, dan biarkan menempel pada gigi yang rusak selama beberapa menit, setelah itu kumur-kumur dan bersihkan gigi dengan cara menyikat gigi.


4. Daun Jambu 

Daun jambu merah memiliki sifat anti radang, antimikroba dan juga bisa digunakan untuk anti nyeri. Cara menggunakannya ambilah beberapa buah daun jambu, lalu kunyah daun jambu tersebut, sari-sari yang terdapat dalam daun jambu yang dikunyah tersebut, letakkan pada gigi yang terasa sakit selama beberapa saat.


5. Bawang Putih

Bawang putih mengandung antibakteri yang dapat membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi. Selain itu, bawang putih juga bertindak sebagai pereda nyeri. Cara menggunakannya hancurkan bawang putih untuk dijadikan pasta. Kemudian, oleskan ke daerah yang mengalami sakit.