Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Menstruasi yang Tidak Teratur

Sr Sehat- Menstruasi umunya terjadi setiap 28-38 hari, tetapi beberapa perempuan bisa mengalami siklus yang berbeda. Cara mengatasi menstruasi yang tidak teratur sebenarnya mudah. Intinya adalah menyehatkan tubuh terlebih dahulu.


Siklus menstruasi perempuan dipengaruhi berbagai macam hal baik psikologos maupun hormonal. Karena hal itulah ada yang mengatakan bahwa menstrusi merupakan refleksi dari pikiran seorang wanita, sedangkan periodenya didasarkan pada keadaan psikologis pikiran setiap wanita.


Menstruasi tidak teratur ini sebenarnya normal terjadi pada wanita. Ada cara melancarkan haid secara alami dan cepat tanpa perlu ke dokter. Konsumsi sayuran dan buah-buahan termasuk cara melancarkan haid yang tidak teratur.





Berikut beberapa tips melancarkan menstruasi yang tidak teratur:

1. Pepaya muda

Pepaya muda berwarna hijau dianggap berguna dalam mengatur aliran menstruasi karena membantu mengontrak serat otot di rahim. Konsumsi jus pepaya mentah secara teratur selama beberapa bulan tetapi jangan meminumnya selama menstruasi.

2. Olahraga teratur

Olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan yang dapat membantu menstruasi. Cara ini daapat mempertahankan berat badan yang sehat dan biasanya direkomendasikan sebagai bagian dari rencana perawatan untuk sindrom ovarium polikistik (PCOS). PCOS ini dapat menyebabkan ketidakteraturan menstruasi.

3. Olahraga Yoga

Cara mengatasi haid tidak teratur pertama adalah olahraga yoga. Olahraga ini terbukti menjadi alternatif pengobatan yang efektif untuk berbagai masalah haid. Sebuah studi menunjukkan bahwa melakukan 35 hingga 40 menit yoga, 5 hari seminggu selama 6 bulan, dapat menurunkan kadar hormon yang berkaitan dengan haid tidak teratur.

4. Teh hijau

Teh hijau dicampur dengan herbal alami seperti kulit manjishta, madu dan neem dapat menjadi obat yang sempurna untuk anemia. Ramuan ini juga membantu membersihkan darah. Minum ramuan ini secara teratur bisa mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur.


5.Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup setiap hari merupakan obat yang baik. Karena itu penting bagi tubuh untuk tidur setidaknya 6-8 jam dalam sehari. Tidur yang terganggu bisa menyebabkan berbagai ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan menstruasi tidak teratur.


6. Jangan stres

Tetap tenang dan bebaskan diri dari stres memainkan peranan penting untuk membuat siklus menstruasi berjalan teratur. Bebas dari kecemasan, depresi, dan ketegangan akan mendukung siklus menstruasi yang teratur.