Ramuan Herbal Daun Salam, Memiliki Khasiat untuk Kesehatan

Sr Sehat- Daun salam salah satu bahan bumbu masakan, daun salam memiliki nama latin Syzygium polyanthum. Tidak hanya untuk tambahan bumbu makanan daun salam juga memiliki khasiat untuk dunia kesehatan maupun kecantikan. 



Daun salam memiliki beberapa vitamin dan senyawa baik seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, Tannin, Alkaloid, Steroid, Triterpenoid, dan Falvonoid. Kandungan ini yang membuat daun salam memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Kandungan itulah yang membuat banyak orang mengolah daun salam sebagai makanan hingga obat herbal.


Manfaat Daun Salam

1. Menurunkan gula darah

Mengonsumsi ramuan ekstrak daun salam sebanyak 1-3 gram setiap harinya terbukti dapat menurunkan dan mengelola kadar glukosa dan kadar kolesterol pada pasien diabetes.


2.Antioksidan alami

Daun salam mengandung vitamin A yang sangat baik. Vitamin A penting untuk pengelihatan normal dan menjaga kesehatan mukosa dan kulit. Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A dapat membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.


3. Mengobati asam urat

Daun salam dapat mengatasi asam urat. Asam urat merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan nyeri dan pembengkakan pada area sendi. Dengan mengkonsumsi rebusan daun salam dua kali sehari. 


4. Mengobati luka

Manfaat rebusan daun salam selanjutnya yang bisa dirasakan yaitu bisa menjadi obat luka. Daun salam memiliki kandungan antiinflamasi sehingga bisa mengobati luka dengan mudah.


5. Untuk kesehatan rambut 

Manfaat daun salam juga dapat bekerja sangat baik untuk mengobati ketombe dan mengurangi masalah rambut rontok. Jika ingin meningkatkan kesehatan rambut dan menghilangkan ketombe, cara menggunakannya dengan merendam daun salam dalam air dan kemudian menggosokkannya pada kulit kepala setelah keramas.