Segudang Manfaat Buah Kurma Untuk Pengobatan Alami

Sr Sehat- Kurma merupakan salah satu takjil yang sangat populer saat menjelang Ramadhan, bahkan umat islam menjadikannya untuk hidangan pembuka puasa. Buah kering khas Timur Tengah ini dikenal sebagai salah satu menu buka puasa favorit bagi banyak orang, dan terbukti punya banyak manfaat untuk kesehatan.


Kandungan utama dari buah ini adalah karbohidrat sederhana (terutama gula, seperti sukrosa dan fruktosa). Hampir 70% dari kurma terdiri dari karbohirat. Kandungan nutrisi lain pada kurma di antaranya: 7 gram serat, 2 gram protein, 20% kebutuhan kalium harian, 14% kebutuhan magnesium harian, 18% kebutuhan tembaga, 15%  kebutuhan mangan, 5% kebutuhan zat besi harian, 12% kebutuhan vitamin B6 harian.




Beberapa Manfaat Buah Kurma Untuk Pengobatan Alami: 

1. Menjaga kesehatan otak

Zat pada kurma bisa menghambat produksi protein pemicu peradangan bernama interleukin 6 (IL-6) di otak. Kadar IL-6 yang tinggi di dalam otak sering dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.


2. Menambah energi tubuh

Kurma mengandung gula alami, glukosa, fruktosa, serta sukrosa yang akan memberi energi cepat saat tubuh membutuhkannya.

Tidak seperti minuman berenergi, kurma juga mengandung komponen sehat lainnya seperti serat, potasium, magnesium, vitamin dan antioksidan yang menjaga kecukupan energi, sehingga bisa membantu tubuh lebih fit, dan tidak membuat cepat lelah.


3. Meningkatkan kesuburan

Bagi ibu yang sedang promil, sebaiknya mengkonsumsi buah satu ini. Bagi perempuan maupun laki-laki, kurma menjadi salah satu asupan yang bisa meningkatkan kesuburan. Hal ini karena ada kandungan alami asam amino dan seng yang bisa meningkatkan kesehatan reproduksi.


4. Menjaga kesehatan pencernaan

Makanan yang kaya akan jenis serat tidak larut dapat membantu memadatkan feses dan melancarkan pencernaan. Di sisi lain, kandungan fenolik tinggi dalam buah ini membantu membersihkan usus sehingga berpotensi menurunkan risiko  terkena kanker usus.


5. Menangkal radikal bebas

Buah ini tinggi akan antioksidan yang mampu mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan bekerja melindungi sel dan jaringan tubuh dari stres dan peradangan kronis yang memicu berbagai risiko penyakit. 


Masih banyak manfaat sehat makan buah kurma lainnya yang wajib diketahui, mulai dari menstabilkan gula darah, mengatasi sembelit,mencukupi kebutuhan gizi dan kalori, meningkatkan kesehatan jantung, mencegah anemia dan lainnya.