Tips Agar Si Kecil Mau Makan Sayur dan Buah!

Sr Sehat- Sayur dan buah merupakan makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi. Sebagai sumber vitamin, mineral, dan serat yang bermanfaat untuk tubuh, tentunya sayuran tidak boleh ketinggalan dalam menu hidangan sehari-hari. Tetapi tidak semua anak suka mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.


Ada beberapa penyebab si kecil menolak mengkonsumsi sayuran dan buah, salah satunya tekstur dan rasa yang hambar sehingga tidak menarik perhatian anak-anak. Oleh karena itu seorang Ibu harus kreatif dalam menyajikan masakan terutama mengelola sayur menjadi masakan yang menarik,rasanya yang enak dan teksturnya yang renyah, sehingga bisa menjadi solusi agar anak suka makan sayur.



Berikut berapa tips agar buat hati suka makan sayur dan buah:

1. Cari Sayuran yang Disukai Anak
Sebagai orang tua, harus cermat memperhatikan sayuran mana yang menjadi kesukaan anak. Sajikan berbagai olahan sayuran secara bergantian setiap hari agar anak tidak bosan, dan memperkenalkan anak secara bertahap pada sayuran baru.

2. Mengkreasikan Makanan agar Menarik
Kreativitas orang tua dituntut lebih untuk membuat sayuran menjadi makanan menarik untuk anak, mulai dari bentuk potongannya, hingga cara masak yang variatif. Sayuran bisa juga ditambahkan kedalam kreasi lain, tetapi sayur masih harus terlihat warna dan teksturnya.


3. Menambahkan sayur pada makanan kesukaan anak
Saat anak tidak suka makan sayur, Ibu bisa melakukan salah satu cara ini yaitu mencampurkannya ke dalam makanan lain yang si kecil suka. Seperti, blender sayuran, lalu campurkan ke dalam daging ayam dan tepung untuk dibuat nugget atau bakso. Secara tidak langsung si kecil akan makan sayur dalam wujud yang berbeda.


4. Kenalkan buah yang manis terlebih dulu
Jangan mengenalkan buah-buahan dengan tekstur keras, rasa yang asam, sepat atau kurang menarik pada anak. Buah-buahan dengan rasa manis umumnya lebih disukai anak. seperti semangka, pisang, atau pepaya.


5. Menjelaskan berbagai manfaat sayur
Ibu harus memberikan penjelasan apa saja manfaat makan sayur bagi kesehatan tubuh si kecil. Jelaskan juga makan sayur bisa membuat badannya lebih kuat serta makin pintar saat bermain dan belajar.


6. Jangan Menyerah
Walaupun si kecil sudah pernah menolak makan sayuran tertentu. Ibu harus tetap konsisten menawarkan sayuran untuk dicoba anak.