Tips Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Sr Sehat- Rambut rontok seringkali mengganggu setiap aktivitas. Rambut rontok seringkali dialami oleh para wanita. Sebenarnya rambut rontok merupakan hal yang wajar, tetapi harus waspada jika rambut rontok secara berlebihan. 




Penyebab rambut rontok juga bermacam-macam, mulai dari riwayat keluarga, suatu penyakit, tindakan operasi hingga peristiwa traumatis. Perubahan hormon saat kehamilan, persalinan, penghentian konsumsi pil KB hingga menopause juga dapat menyebabkan kerontokan rambut sementara. Rambut rontok juga bisa disebabkan oleh obat-obatan yang digunakan untuk mengobat penyakit seperti kanker, tekanan darah tinggi, radang sendi, depresi, dan masalah jantung. 


Tips mengatasi rambut rontok menggunakan bahan alami: 


1. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan vitamin, mineral dan enzim spesifik proteolitik yang bermanfaat menyehatkan kulit kepala dan menghentikan kerontokan rambut. Lidah buaya juga bermanfaat untuk melembabkan rambut. Untuk mengatasi kerontokan, gunakan gel lidah buaya pada kulit kepala dan ratakan. Diamkan selama 45 menit dan bilas sampai bersih menggunakan air dingin.


2. Teh hijau 

Teh hijau bisa dimanfaatkan sebagai obat rambut rontok,caranya rendam 1-2 kantung teh dalam segelas air panas selama lima menit. Setelah dingin, siramkan air teh hijau pada rambut dan kulit kepala. Beri sedikit pijatan dan diamkan dulu selama 60 menit lalu bilas dengan air. 


3. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan vitamin E yang berfungsi menguatkan akar rambut, merangsang pertumbuhan rambut, dan menambahkan kilau dan kelembapan pada rambut. Untuk menggunakannya, campurkan 1 buah alpukat matang, 1 sendok makan minyak zaitun dan perasan lemon hingga menjadi pasta halus. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan rambut. Biarkan selama 15-20 menit sebelum membilasnya menggunakan sampo ringan.


4. Minyak kelapa 

Mengatasi rambut rontok juga bisa menggunakan minyak kelapa, karena minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak yang bisa terserap oleh batang rambut, melembapkan rambut serta meningkatkan produksi keratin di rambut. Rutin menggunakan minyak kelapa sebelum keramas, bisa membuat rambut lebih kuat dan tidak mudah patah atau rontok.


5. Lemon 

Buah lemon mengandung vitamin C dan antioksidan, yang bisa menjaga kesehatan kulit kepala dan mencegah kerontokan rambut. Caranya oleskan air perasan jeruk lemon ke kulit kepala sebelum keramas, untuk merawat rambut yang mudah rontok.