Wajib Diketahui, Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan Tubuh

Sr Sehat- Daun Sirih sering digunakan sebagai ramuan tradisional untuk obat dalam mengatasi penyakit. Daun Sirih memiliki nama latin Piper betle, yang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.


Daun sirih ini mengandung protein, iodin, sodium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotinat, flavonoid, fenol, tanin, saponin, polifenolat, dan minyak atsiriatsiri, yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Cara memanfaatkan daun sirih juga cukup mudah, cukup dengan merebus atau bahkan mengunyahnya.


Berikut Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan Tubuh:

1. Meredakan Keputihan
Keputihan membuat area kewanitaan terasa tidak nyaman. Dengan kandungan antiseptik pada daun sirih, kamu dapat meredakan rasa gatal pada area luar daerah kewanitaan.


2. Mengobati Rematik
Daun Sirih banyak dimanfaatkan penderita rematik untuk beralih pada pengobatan herbal. Salah satu nya menggunakan sirih merah. Falvonoid dan fenol di dalam sirih merah memiliki sifat anti inflamasi yang mampu meredakan nyeri akibat peradangan pada penderita rematik.


3. Menghilangkan rasa gatal di area intim
Rasa gatal juga dirasakan pada area intim perempuan. Rasa gatal ini bisa diredakan dengan menggunakan air rebusan daun sirih untuk membersihkan area intim atau bisa juga di minum secara langsung.


4. Menghentikan mimisan
Manfaat daun sirih ini sejak dahulu sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia. Adanya kandungan fenil popies dan terpene pada daun sirih yang menjadi kunci utama,cara menggunakan daun sirih untuk menghentikan mimisan cukup menggulung daun sirih sesuai ukuran hidung, lalu masukkan ke lubang hidung yang mimisan.


5. Mengobati luka lambung
Daun sirih yang disiram air panas terbukti memiliki lendir yang berguna untuk melapisi lambung. Hal ini menghadirkan manfaat rebusan daun sirih sebagai pelindung dinding lambung sehingga tidak mudah terluka ketika mengalami kenaikan asam lambung maupun hal lainnya.


6. Mengurangi peradangan
Khasiat daun sirih terbukti menangani peradangan pada tubuh. Karena daun sirih mengandung chavicol yang bekerja untuk mengatasi radang. Beberapa penyakit peradangan yang mengandalkan chavicol adalah arthritis dan oritis.

Manfaat daun sirih juga sudah banyak diolah sebagai obat maupun bahan tambahan dalam berbagai produk kecantikan sehingga dengan mudah dapat merasakan manfaatnya.