Cara Cepat Mengatasi Insomnia, Efektif Mudah dicoba

Sr Sehat- Susah tidur atau insomnia adalah gangguan sulit untuk tidur, Insomnia biasanya diikuti oleh kantuk di siang hari, energi rendah, lekas marah, dan suasana hati yang depresi. Insomnia bisa bersifat jangka pendek, berlangsung selama berhari-hari atau berminggu-minggu, atau jangka panjang, berlangsung lebih dari sebulan.  


Insomnia



Antara 10% dan 30% orang dewasa menderita insomnia pada titik waktu tertentu dan hingga setengahnya mengalami insomnia pada tahun tertentu. Sekitar 6% orang mengalami insomnia bukan karena masalah lain dan berlangsung selama lebih dari sebulan. Orang yang berusia di atas 65 tahun lebih sering terkena daripada orang yang lebih muda. Wanita lebih sering terkena daripada pria. Faktor penyebab insomnia bisa bermacam-macam, mulai dari akibat gaya hidup, masalah kenyamanan ruangan kamar, hingga adanya gangguan psikologi, masalah kesehatan fisik, dan efek samping obat-obatan. 


Insomnia terus-menerus  membuat mata mengantuk. Dalam jangka panjang, kekurangan tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Mulai dari gampang sakit hingga rentan mengalami kecelakaan yang mungkin bisa mengancam keselamatan jiwa. Berikut cara mengatasi insomnia yang efektif: 


1. Buat tempat tidur menjadi nyaman

Cara agar bisa tidur cepat adalah dengan memastikan bahwa tempat tidur sudah nyaman. Susah tidur bisa disebabkan oleh tempat tidur yang terlalu lembut atau terlalu keras, serta ukuran tempat tidur yang terlalu kecil. 


2. Berolahraga teratur

Berolahraga secara teratur juga akan membantumu untuk mengatasi insomnia. Cobalah untuk berolahraga secara teratur. Tidak perlu melakukan olahraga berat. cukup melakukan olahraga ringan seperti berjalan santai. Selain itu kamu juga bisa berenang dengan teratur.


3. Kelola stres 

Saat sedang mengalami stress, pikiran pasti akan terganggu. Ini juga akan mengganggu pola tidur. Oleh karena itu, mengelola stress juga bisa menjadi agenda penting yang bisa kamu lakukan. Cobalah untuk merileksasikan tubuh, terutama pikiran sebelum tidur.


4. Batasi penggunaan ponsel sebelum tidur

Cara mengatasi susah tidur lainnya adalah jangan melakukan aktivitas yang akan membuat susah untuk tertidur. Seperti membuka layar handphone, menonton TV, atau bermain game di tablet. Yang dipancarkan oleh layar handphone akan membuat sulit untuk tidur.


5. Mendengarkan musik yang rileks

Mendengarkan musik yang rileks tidak hanya akan membuat lebih cepat terlelap, namun juga akan membuat tidur menjadi lebih berkualitas. Bahkan, metode ini juga dapat digunakan untuk meredakan gangguan tidur kronis seperti insomnia.


6. Lakukan terapi atau kedokter

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia adalah dengan melakukan terapi atau pergi ke dokter. Jika insomnia yang dialami tidak kunjung sembuh, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter atau melakukan terapi. Insomnia yang berkepanjangan adalah hal yang tidak baik, karena akan mengganggu kesehatan tubuh. Akibatnya aktivitas juga akan terganggu.


Itulah tips dan cara yang efektif mengatasi susah tidur yang bisa dicoba. Susah tidur juga bisa menjadi berbagai gejala penyakit seperti hipertiroid, GERD, sinusitis, dan apapun gejalanya harus diperhatikan. Lakukan cara mengatasi susah tidur di atas dengan rutin dan rasakan perubahannya untuk kesehatan yang lebih baik.