Cara Meredakan Sakit Kepala Secara Alami

Sr Sehat- Sakit kepala yang secara medis dikenal sebagai cephalalgia atau dilafalkan cephalgia adalah suatu kondisi terdapatnya rasa sakit di dalam kepala: kadang sakit di belakang leher atau punggung bagian atas, disebut juga sebagai sakit kepala. Jenis penyakit ini termasuk dalam keluhan-keluhan penyakit yang sering diutarakan. Salah satu jenis sakit kepala yang juga banyak dikeluhkan adalah sakit kepala sebelah atau migrain. Serangan sakit kepala migrain terasa lebih menyiksa dan terkadang datang tiba-tiba. Penderita migrain akan merasakan nyeri dan berdenyut seperti dipukuli dan ditarik-tarik dan biasanya disertai dengan gangguan saluran cerna seperti mual dan muntah. Penderitanya pun cenderung menjadi lebih sensitif terhadap cahaya, suara dan bau-bauan. Hal itu tentu amat mengganggu dan bisa menghambat segala aktivitas si penderita.


Biasanya sakit kepala terjadi karena tubuh kekurangan cairan. Sakit kepala bisa hilang dalam jangka waktu minimal 30 menit setelah mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Mengonsumsi bahan alami yang mengandung banyak air, seperti semangka, juga bisa dicoba. dengan begitu, tubuh menjadi tidak dehidrasi sehingga sakit kepala pun reda. Apalagi sakit kepala migrain atau tension. Kebanyakan orang akan memilih cara instan untuk mengatasi gangguan tersebut dengan meminum obat. Tetapi terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan agar dapat menghentikan sakit kepala yang terjadi tanpa meminum obat. Berikut adalah beberapa cara alami untuk meredakan sakit kepala:



1. Perbanyak minum air putih

Salah satu cara alami untuk mengatasi sakit kepala adalah dengan banyak meminum air putih. Hal tersebut dikarenakan dehidrasi dapat menyebabkan gangguan pada kepala tersebut, maka dari itu cairan tubuh harus dipenuhi. Selain itu, dehidrasi yang kronis dapat menjadikan sakit kepala menjadi migrain.


2. Kompres 

Kompres dingin juga termasuk salah satu cara menghilangkan sakit kepala, Letakkan kompres dingin di bagian leher atau kepala.

Dengan begitu, inflamasi, pembuluh darah, dan saraf yang tegang dapat berkurang sehingga sakit kepala hilang secara alami. 


3. Dipijat 

Salah satu cara untuk meredakan sakit kepala dan termasuk yang paling efektif adalah dipijat. Banyak orang merasa kondisinya membaik ketika memijat bagian pelipis dengan lembut. Frekuensi migrain yang diderita bisa berkurang dan tidur lebih nyenyak ketika dipijat.


4. Hindari cahaya terang

Cahaya terang yang bersinar dapat menyebabkan munculnya migrain. Tutupi jendela dengan gorden berwarna gelap serta gunakan kacamata hitam ketika di luar ruangan untuk mengurangi rasa sakit.


5. Pakai essential oil

Essential oil menjadi salah satu obat pusing yang bisa dicoba. Yaitu mengoleskan essential oil di pelipis atau di antara mulut dan hidung supaya aromanya bisa terhirup.


6. Mengkonsumsi kafein 

Minum teh, kopi, atau minuman lain yang mengandung sedikit kafein bisa mengurangi sakit kepala yang diderita. Kafein mampu mengerutkan pembuluh darah, menaikkan mood, dan meningkatkan kewaspadaan yang mana bisa meredakan sakit kepala. Tetapi jangan terlalu banyak meminum cairan dengan kandungan tersebut karena dapat menyebabkan sakit kepala jenis lainnya.


Jika sakit kepala tidak bisa diredakan dengan cara-cara di atas, maka bisa mengkonsumsi obat pereda sakit kepala. Di apotek banyak menjual bermacam-macam obat pereda sakit kepala. Segera hubungi dokter jika sakit kepala terus berkelanjutan.