Manfaat dan Kandungan Mengkonsumsi Lemon untuk Sehatkan Tubuh

Sr Sehat- Jeruk lemon dalam bahasa latinnya disebut (Citrus limon) merupakan salah satu sumber Vitamin C dan Serat, serta beberapa senyawa penting lainnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Buah lemon kaya akan nutrisi, bahkan buah berwarna kuning cerah ini sering dijadikan obat detoks alami karena menjadi salah satu sumber antioksidan dan vitamin C.


    Lemon adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Bukan hanya untuk kesehatan tapi juga untuk kecantikan. Bahkan, kulit buah lemon juga sering digunakan untuk memperkaya rasa dan aroma pada sebuah masakan. 


    Lemon memiliki berbagai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, termasuk nutrisi dan vitamin. dalam 100 gram buah lemon terdapat bermacam kandungan seperti 34 kalori, 92,2 gram air, 0,1 gram serat 23 miligram (mg) kalsium, 20 mg fosof, 31 mg natrium, 140 mg kalium, 0,2 mg zinc, sekitar 0,09 mg vitamin B1, 0,12 mg Vitamin B2, dan 50 mg vitamin C.

Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi lemon untuk kesehatan:

1. Meningkatkan imunitas tubuh
    Kandungan vitamin C yang masuk ke tubuh bisa meningkatkan imunitas. Selain itu, vitamin C juga mampu melindungi tubuh agar tidak terjadi infeksi. Vitamin ini dibutuhkan untuk menjalankan fungsi organ tubuh agar tetap sehat. Untuk itu, asupan makanan atau minuman yang mengandungan vitamin C cukup penting.


2. Mengatasi demam dan flu
    Sari Lemon dapat digunakan sebagai minuman untuk mengatasi demam, flu dan infeksi tenggorokan. Sari Lemon tersebut akan membantu menurunkan demam dengan cara meningkatkan perspirasi (keringat). Vitamin C yang terkandung pada buah jeruk lemon merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lemon juga mengandung antibakteri yang dapat mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan infeksi tenggorakan.

    Dengan cara mengkonsumsi air lemon hangat sangat baik dalam membersihkan liver. Kandungan dalam lemon dapat meningkatkan gerakan peristaltik di perut dan membantu buang air besar secara teratur, dan baik diminum setelah makan siang dan makan malam.


4.Mencegah anemia
    Anemia atau dalam bahasa umum sering disebut dengan kurang darah adalah suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam sel darah merah berada dibawah normal. Salah satu penyebab Anemia adalah kurangnya zat besi pada tubuh kita. Buah Jeruk Lemon mengandung zat besi serta Vitamin C dan Asam Sitrat yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan lain sehingga dapat membantu mencegah Anemia.

5. Mengurangi bau badan
    Kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat dalam jeruk lemon dapat membantu mengatasi bau badan berlebih. Manfaat jeruk lemon untuk mengurangi bau badan tersebut bisa didapat baik itu dengan memanfaatkan lemon itu sendiri maupun mengombinasikannya dengan bahan-bahan lain seperti garam, baking soda.

6.Menghilangkan bekas jerawat
    Lemon juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. Sifat eksfolian yang ada pada lemon mampu melepaskan sel-sel kulit mati. Maka dari itu, kulit akan berganti dengan lapisan baru yang lebih mulus dan sehat.

7. Menghilangkan komedo
    Manfaat lemon berikutnya yaitu bisa mengatasi masalah komedo yang membandel. Asam sitrat pada lemon bisa mengangkat sel kulit mati termasuk komedo yang sulit hilang. Komedo yang menghilang akan membuat kulit lebih bersih dan mulus serta terhindar dari risiko jerawat.

8. Sebagai antibakteri
    Kulit merupakan bagian terluar tubuh yang rentan terkontaminasi debu, kotoran, dan polusi. Itu sebabnya, kuman dan bakteri juga sangat mudah menempel pada kulit. Dalam hal ini, lemon mengandung unsur polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan dan antibakteri. Dengan kandungan polifenol yang dimiliki lemon, kulit dapat terhindar dari bakteri jahat seperti Bacillus subtilis, Salmonella typhi, E. coli, dan Klebsiella pneumonia. Lemon juga dapat meningkatkan produksi keringat sehingga dapat membantu proses penyembuhan saat demam atau terkena influenza.

    Itulah beberapa manfaat lemon yang bisa diperoleh untuk menjaga kesehatan tubuh hingga membantu merawat kulit wajah. Manfaat tersebut bisa terasa jika anda mengonsumsi lemon dengan takaran wajar. Apalagi, dengan mengonsumsi buah lemon secara berlebihan juga bisa memicu gangguan lain yang lebih berbahaya.