Manfaat Mengkonsumsi Buah Naga Baik untuk Tubuh

SrSehat- Buah naga memiliki nama latin Hylocereus undatus, buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia dan Indonesia.


Kandungan nutrisi dari buah naga adalah Air 90,20% ,Karbohidrat 11,50%, Protein 0,53% ,Lemak 0,40%, Serat 0,71%, Calcium 6-10 mg/100g, Fosfor 8,70%, Vitamin C: 9,40%. Untuk jenis yang berdaging buah merah, mengandung beta carotene yang berfungsi sebagai antioksidan. 

Warna merah berasal dari pigmen alami yang dikenal sebagai hylocerenin dan isohylocerenin dan juga membuat berbagai hidangan berwarna merah cantik ketika disajikan. Sedangkan kandungan gizi yang ada di dalam buah naga, yaitu protein, lemak, karbohidrat, serat, kalium, zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, dan masih banyak lagi.

Beberapa manfaat mengkonsumsi buah naga untuk kesehatan tubuh:

1. Tingkatkan daya tahan tubuh
    Bagi yang memiliki imunitas lemah, buah naga memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C -nya juga mampu membantu untuk mengatasi batuk dan asma.

                                    Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Paru-paru Tetap Sehat 

2. Menyembuhkan kanker
    Buah naga merah membantu menyembuhkan penyakit kanker, kandungan vitamin kompleksnya, sudah direkomendasikan oleh dokter sebagai buah terapi penyembuhan kanker.

3. Melancarkan pencernaan
    Buah naga mengandung probiotik yang berpotensi untuk meningkatkan koloni bakteri baik pada usus. Kondisi ini memungkinkan tercapainya kondisi saluran pencernaan yang lebih baik dan lebih sehat.

4. Mengurangi anemia
    Zat besi yang terkandung di dalam buah naga dapat membantu sel darah merah mengantarkan oksigen ke dalam tubuh. Oleh karena itu, buah naga sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan darah. Bagi yang mengalami anemia, bisa mengonsumsi sel darah merah untuk meminimalisirkan risiko tersebut.


5. Merawat kesehatan kulit
    Dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi, buah naga merah membantu menjaga kesehatan kulit, bahkan buah dan kulitnya juga bisa digunakan sebagai bahan lulur.

6. Menjaga kesehatan ibu hamil
    Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi, tentu buah naga termasuk jenis buah yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Manfaat buah naga untuk ibu hamil ini bisa mencegah bayi lahir cacat atau mengatasi sembelit. Sebab, buah naga diperkaya dengan zat besi, vitamin C, vitamin D, dan juga kalsium.

7. Kaya akan nutrisi
    Manfaat buah naga untuk kesehatan yang pertama adalah buah ini kaya akan nutrisi. Buah naga memiliki kalori yang rendah namun kadar vitamin, mineral, dan zat aktif lainnya seperti polifenol, karotenoid, dan betasianin yang cukup tinggi. Selain itu secara umum buah naga memiliki kandungan air, karbohidrat, protein, lemak, serat, kalsium, fosfor dan vitamin C, yang memberi khasiat kesehatan yang baik bagi tubuh.

    Buah naga merah sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk membantu mengatasi dan membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Mulai dari batang buah naga, daging buah naga, sampai dengan kulit buah naga juga memiliki banyak kandungan vitamin dan zat yang sangat bermanfaat.

    Dokter juga sangat merekomendasikan buah naga merah, sebagai buah konsumsi yang bisa digunakan untuk terapi dalam penyembuhan suatu penyakit.


Baca Juga : Manfaat Buah Melon yang belum kita ketahui bersama, menunjang Kesehatan tubuh