Obat Herbal untuk Meredakan Batuk, Alami dan Ampuh

Sr Sehat- Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya. Batuk dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu batuk akut dan batuk kronis, keduanya dikelompokkan berdasarkan waktu. Batuk akut adalah batuk yang berlangsung kurang dari 14 hari, serta dalam 1 episode. Bila batuk sudah lebih dari 14 hari atau terjadi dalam 3 episode selama 3 bulan berturut-turut, disebut batuk kronis atau batuk kronis berulang.




Batuk adalah penyakit yang mudah menyerang siapa saja saat kondisi tubuh lemah. Oleh karena itu, kita perlu mengenali obat batuk dari bahan herbal agar bisa langsung mengambil tindakan jika batuk terjadi. Ketika mengalami batuk tersebut, beberapa orang memerlukan obat batuk untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokan dan menyembuhkan gejala penyakit yang menyerang. Namun, apabila ingin mencoba alternatif lain, penderita batuk sebenarnya dapat memanfaatkan obat batuk herbal atau obat batuk alami.


Beberapa bahan makanan alami yang dapat diolah menjadi minuman di bawah ini bisa menenangkan dan meredakan batuk agar tidak timbul gejala lain, sekaligus dapat menjaga tubuh untuk tetap fit. Berikut Obat herbal yang alami untuk meredakan batuk: 

1. Jeruk nipis 

Untuk mengatasi batuk jeruk nipis bisa dijadikan salah satu obat herbal yang alami karena jeruk nipis  mengandung vitamin C sebanyak 27 mg/100 g jeruk, kalsium sebanyak 40 mg/100 g jeruk, dan fosfor sebantak 22 mg. Oleh karena kandungannya, jeruk nipis dilaporkan memiliki efek farmakologis berupa anti-demam, anti-inflamasi, anti-bakteri, dan mengurangi batuk. Cara mengatasi batuk dengan jeruk nipis adalah air perasan satu buah jeruk nipis bisa diminum langsung, atau bisa juga dicampur dengan air kelapa hijau muda.


2.Jahe

Jahe mengandung minyak astiri, yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tenggorokan. Dari beberapa jenisnya, jahe merah dinilai paling ampuh karena mengandung minyak astiri 2,5 persen lebih banyak. Segelas wedang jahe, atau air rebusan jahe dapat dikonsumsi malam hari sebelum tidur untuk meredakan batuk. 


3. Nanas 

Di dalam nanas terdapat enzim bromelain sebagai anti-inflamasi. Nanas juga mengandung sifat mukolitik. Fungsinya adalah memecah lendir, mengeluarkannya dari tubuh, serta mengatasi batuk kering. 


4. Lemon

Kandungan vitamin C dalam lemon dapat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus atau bakteri penyebab batuk. Selain bisa mencampurkan air perasan lemon ke dalam teh madu, Lemon juga bisa dikonsumsi secara langsung dengan sedikit tambahan garam, untuk membantu meredakan batuk. 


5. Madu 

Madu adalah salah satu obat batuk berdahak alami yang cukup efekif. Madu mampu mengencerkan dahak dan berperan sebagai antiradang serta antioksidan yang dapat mengurangi iritasi pada saluran pernapasan.


6. Daun kemangi

Cara menggunakan kemangi sebagai obat batuk sangat mudah, yaitu dengan merebus 5 daun kemangi dengan segelas air bersih. Rebus hingga matang. Jika sudah matang, ambil airnya dan minum selagi hangat. Lakukan secara rutin setiap hari hingga batuk kering mereda dengan sendirinya.


7.Mandi air panas 

Mandi dengan air panas dianggap dapat membantu meredakan gejala batuk. Hal ini karena, uap yang terkumpul saat mandi air panas bisa meredakan batuk dengan menambahkan kelembapan ke udara. Saat  menghirupnya, ini akan membantu melembapkan tenggorokan, sehingga dapat mengurangi gejala batuk dan sakit tenggorokan ringan. 


Itulah beberapa bahan herbal yang bisa menjadi obat alami untuk mengatasi batuk berdahak maupun batuk kering. Bahan herbal ini hanya menjadi obat alternatif dan pertolongan pertama untuk mengatasi batuk berdahak dan batuk kering. Jika sakit terus berlanjut, segera hubungi dokter.