Tips Sederhana Mengatasi Rasa Takut Berlebihan

Sr Sehat- Rasa takut yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan, karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa takut yang berlebihan bisa dipicu berbagai hal seperti takut kehilangan, kematian, dan takut menonton film horor

rasa takut berlebihan tidak bisa disepelekan, reaksi orang yang merasakan ketakutan berbeda-beda, meskipun hal yang dialami serupa. Ada yang dapat mengendalikannya sendiri dan ada pula yang berujung pada gangguan psikologis seperti depresi.

Ketakutan Berlebihan

Ketakutan berlebihan biasanya bisa datang disaat seseorang sedang panik dan dilanda stres. Jika sudah mengganggu aktivitas sehari-hari ketakutan tersebut bisa menjadi fobia. Berikut tips yang bisa diterapkan untuk mengatasi rasa takut yang berlebihan:



Saat rasa takut datang seseorang bisa menjadi tidak nyaman, maka dari itu rasa takut yang berlebihan bisa kita hilangkan dengan cara menenangkan diri sendiri. Hal yang paling mudah dilakukan adalah menarik nafas perlahan, mencari udara yang segar, minum air putih dan keluar mencari tempat yang sejuk dan indah.


2. Berpikir positif

Cara menghilangkan rasa takut bisa dilakukan dengan selalu berpikir positif. Meskipun hal tersebut tidak mudah, jika dilakukan dengan niat maka akan membantu menghilangkan rasa takut. Ketakutan berlebih itu sebenarnya datang dari bayangan dan pikiran negatif yang dibiarkan meneror diri sendiri. Mulailah untuk selalu berpikir positif dan percaya semua akan baik-baik saja.


3. Berbagi cerita dengan orang sekitar

Berbagi cerita dengan orang sekitar yang kita percaya dapat mengurangi rasa takut yang berlebihan, dengan berbicara bersama seseorang bisa membuat pikiran menjadi lega dan tenang.


4. Konsultasi kepsikolog

Jika ketakutan nya susah untuk dikendalikan maka secepatnya harus minta bantuan dengan dukungan ke psikolog, psikoterapis, atau psikiater. Mereka akan membantu untuk menemukan cara yang tepat terkait bagaimana memproses rasa takut dengan lebih baik.


5. Membayangkan tempat yang indah

Tutuplah mata dan bayangkan tempat yang membahagiakan di dalam pikiran. Cobalah bayangkan diri sendiri sedang berjalan di pinggir pantai atau masa-masa menyenangkan semasa kecil. Dengan begitu, pikiran akan merasa tenang sehingga rasa takut dapat dikurangi.

Itulah beberapa cara menghilangkan rasa takut berlebihan yang bisa diterapkan, dengan mengetahui cara ini bisa mengatasi rasa takut. Jika rasa takut yang dirasakan tidak kunjung membaik, berkonsultasi pada dokter atau psikiater. Dengan begitu, bisa mendapatkan saran yang tepat untuk mengatasi kecemasan yang dirasakan.