Wajib diketahui! Jenis Makanan dan Minuman Menurunkan Kolesterol yang Ampuh

Sr Sehat- Kolesterol merupakan zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati, tetapi juga bisa ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan susu. Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D. Meskipun penting bagi tubuh, kolesterol bisa mengganggu kesehatan jika kadarnya terlalu tinggi. Kolesterol juga bisa ditemukan di dalam makanan, misalnya telur, makanan laut, dan hati hewan.


Jika kadar kolesterol tidak terkendali, bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.  Kolesterol yang terlalu tinggi dalam tubuh bisa memicu proses aterosklerosis, yaitu penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri akibat penumpukan plak pada dinding pembuluh darah. Akibatnya, aliran darah menjadi terganggu, dan akhirnya mengakibatkan serangan jantung atau stroke. 



Agar kolesterol darah tetap stabil, harus mulai disiplin mengkonsumsi makanan penurun kolesterol. Terdapat berbagai macam makanan dan minuman untuk menurunkan kolesterol tinggi, mulai dari sayuran, buah-buahan sampai cemilan untuk dikonsumsi sehari-hari. Berikut makanan dan minuman untuk menurunkan kolesterol tinggi: 

1. Sayuran hijau 

Sayuran hijau memang tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan sawi terbukti bisa menurunkan kolesterol tinggi. Kandungan antioksidan, serat, serta rendah kalori membuat berat badan terkontrol sehingga mencegah obesitas. Obesitas menjadi salah satu faktor penyebab seseorang mengidap kolesterol tinggi.


2. Kacang-kacangan

Makanan penurun kolesterol paling ampuh selanjutnya yaitu kacang-kacangan. Di dalam kacang-kacangan ada lemak tidak jenuh dan serat yang bisa menjaga kolesterol tetap normal. Jenis kacang yang biasa dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol yaitu almond dan kenari.


3. Susu kedelai

Olahan kedelai yang bisa menurunkan kolesterol yaitu susu kedelai. Minuman yang satu ini sudah populer di masyarakat dan biasanya menjadi pengganti susu sapi. Minuman dari kedelai ini bisa menurunkan kadar kolesterol dan baik untuk kesehatan jantung. Harga susu kedelai juga relatif lebih murah dibandingkan susu sapi, sehingga lebih terjangkau oleh semua kalangan.


4. Teh hijau

Teh hijau rupanya merupakan salah satu dari beberapa minuman yang dianggap dapat menjadi penurun kolesterol. Pada teh hijau terdapat catechins, polifenol aktif yang dapat membantu melindungi organ jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.


5. Jahe 

Air rebusan jahe alias wedang jahe jadi salah satu minuman favorit saat musim penghujan tiba. Selain bisa menghangatkan tubuh, wedang jahe juga mampu menurunkan kolesterol jahat. 


6. Ikan salmon dan tuna

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna memiliki kandungan omega-3 yang baik untuk menurunkan kolesterol. Manfaat lainnya yaitu konsumsi ikan salmon dan tuna dapat melancarkan aliran darah dan melindungi kesehatan jantung.


7. Air lemon

Minuman yang baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol adalah air perasan lemon yang diseduh dengan segelas air. Lemon kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. 


8. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu makanan penurun kolesterol yang bisa diolah menjadi kudapan manis atau asin. Oatmeal pun bisa di jadikan menu sarapan sehat. Konsumsi oatmeal mampu memberikan tubuh asupan serat yang bakal mengikat kolesterol pada pencernaan dan mengeluarkannya dari tubuh. 


9. Cokelat

Cokelat identik dengan rasa manis ini memiliki manfaat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Meskipun demikian, cokelat memiliki kandungan gula cukup tinggi, maka jangan berlebih dalam mengonsumsi cokelat. 


Menerapkan gaya hidup sehat seperti rajin berolahraga dan konsumsi makanan bergizi menjadi langkah terbaik untuk tetap sehat dan produktif. Itulah beberapa pilihan makanan dan minuman yang dipercaya bisa menurunkan kolesterol. Meskipun makanan dan minuman tersebut memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan, namun jangan lupa untuk memperhatikan cara pengolahannya. Untuk bisa menurunkan kolesterol dengan optimal.