Kandungan dan Manfaat Mengkonsumsi Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Sr Sehat- Kunyit atau kunir adalah salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau obat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan seperti pemakaian dalam perawatan kulit dan wajah. 


Produk bahan jadi dari ekstrak kunyit berupa suplemen makanan dalam bentuk kapsul (Vitamin-plus) pasar dan industrinya sudah berkembang. Suplemen makanan dibuat dari bahan baku ekstrak kunyit dengan bahan tambahan Vitamin B1, B2, B6, B12, Vitamin E, Lesitin, Amprotab, Mg-stearat, Nepagin dan Kolidon 90. Kunyit juga digunakan sebagai obat anti gatal, anti septik dan anti kejang serta mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut. Kunyit dikonsumsi dalam bentuk perasan yang disebut filtrat, juga diminum sebagai ekstrak atau digunakan sebagai salep untuk mengobati bengkak dan terkilir. Kunyit juga berkhasiat untuk menyembuhkan hidung yang tersumbat, caranya dengan membakar kunyit dan menghirupnya untuk memperlancar pernapasan. 


Kandungan utama kunyit adalah kurkumin dan minyak atsiri yang berfungsi untuk pengobatan hepatitis, antioksidan, gangguan pencernaan, anti mikrob, anti kolesterol, anti HIV, anti tumor (menginduksi apostosis), menghambat perkembangan sel tumor payudara, menghambat ploriferasi sel tumor pada usus besar, anti invasi, anti rheumatoid arthritis (reumatik). Diabetes melitus, Tifus, Usus buntu, Disentri, Sakit keputihan; Haid tidak lancar, Perut mulas saat haid, Memperlancar ASI; Amandel, Berak lendir, Morbili, Cangkrang (Waterproken). Berikut Manfaat mengkonsumsi kunyit untuk kesehatan tubuh: 

1. Sebagai anti- inflamasi

Efek anti-inflamasi kunyit terdapat pada kurkumin sebagai zat bioaktif yang efektif melawan peradangan. Terapi pada penyakit tertentu membutuhkan dosis cenderung tinggi untuk pengobatan.


2. Mengatasi peradangan

Manfaat kunyit dapat membantu mengatasi peradangan dalam tubuh. Hal ini juga dilakukan oleh zat kurkumin yang memiliki efek anti-radang yang efektif. Zat aktif tersebut mampu membantu menghentikan kerja enzim dan juga sitokin yang bisa menyebabkan inflamasi pada tubuh. 


3. Meredakan nyeri haid

Kunyit juga mampu meredakan nyeri saat haid. Biasanya para perempuan mengkonsumsinya dalam bentuk jamu rebusan yang ditambah dengan asam jawa dan gula jawa. Fungsi kunyit dalam meredakan nyeri haid adalah untuk melemaskan kontraksi pada rahim. Kandungan kurkumin dalam kunyit juga dipercaya bisa mengurangi ion kalsium pada sel epitel rahim serta mengurangi porstaglandin yang merupakan hormom penyebab sakit dan peradangan saat haid.


4. Mengobati kanker 

Kandungan antioksidan dan antiradang pada kunyit dianggap dapat menurunkan risiko kerusakan sel  dalam tubuh, serta mengurangi risiko mutasi sel dan kanker.


5. Menghilangkan bekas jerawat

kunyit juga membantu menghilangkan bekas jerawat. Sifat anti inflamasinya dapat menenangkan kulit yang menagalami peradangan akibat jerawat. Menggunakan masker dari kunyit secara rutin dipercaya bisa menghilangkan noda bekas jerawat yang selama ini mengganggu penampilan wajah.


6. Menurunkan gula darah

Kunir bisa menurunkan glukosa yang ada di darah. Tidak hanya itu, ekstrak dari kunir juga dapat meningkatkan fungsi dari insulin. Dengan begitu, diabates lebih mudah untuk disembuhkan dan risiko komplikasi akibat penyakit ini bisa diminimalisir.


7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kunyit dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh jika rutin dikonsumsi. Pasalnya, kunyit mengandung sifat antioksidan, antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri.


kunyit sangat efektif jika dikonsumsi secara teratur dan rutin, yaitu dengan meminum segelas seduhan jus kunyit berupa sari patinya tanpa ampas, selama 2 minggu berturut-turut.